ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA
ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF GROUP WORK METHODS IN STUDENT MATHEMATICS SUBJECTS
Keywords:
Influence, Group Work Methods, Mathematics SubjectsAbstract
Penelitian kualitatif ini mengambil sampel 37 siswa dari kelas VII, terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode kerja kelompok dalam pelajaran matematika berdampak positif pada siswa. Selain itu, penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan: dua kali untuk kegiatan pembelajaran dan satu kali untuk tes hasil belajar. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Analisis deskriptif dilakukan untuk menganalisis data hasil belajar. Nilai tes pertama memiliki nilai rata-rata 62,54 dalam kategori kurang baik, dengan persentase 19% dari sampel 7 siswa yang tuntas, dan nilai tes kedua memiliki nilai rata-rata 77,16 dalam kategori sangat baik, dengan persentase 73% dari sampel 27 siswa yang tuntas. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas VII MTs Arraoda dipengaruhi positif oleh metode kerja kelompok.
References
Abidin.M.Z.2011. Pengertian Matematika. Bandung:Pustaka Setia.
Amin S.2010.Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta:Amzah.
Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.
Dimyati & Mudjiono.2011.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Dwijani, N. L. G. (2017). Penerapan Metode Kerja Kelompok Berbantuan Resume Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Semester 2 Di Sd Negeri 2 Bungkulan Tahun Pelajaran 2015–2016. Jurnal Ika, 15(2), 125-132.
Falentina, U. (2017). Memanfaatkan Metode Kerja Kelompok dalam Model Direct Instruction Untuk Mengoptimalkan Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 DI SMPN 8 Bintan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 131-137.
Harefa, D. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Kerja Kelompok. Jurnal Global Edukasi, 4(5), 271-278.
Kayatun, S., & Kresnadi, H. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(4).
Khotimah, S. H. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(1), 95-114.
Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519-527.
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.
Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIK MEMANFAATKAN BAHAN AJAR DIGITAL MULTIMODAL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98-105.
Sudjana.2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.
Trisnawati, N. F., Hasyim, R., Mulyono, M., Setyo, A. A., & Fathurrahman, M. F. (2021). The Effectiveness of Mathematics Learning Using Scientific Approaches Assisted by Powerpoint Media. Mathematics Education Journal, 5(1).