ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA
ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA
Kata Kunci:
Pengaruh; Metode Kerja Kelompok; Matapelajaran MatematikaAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif setelah menggunakan metode kerja kelompok dalam mata pelajaran matematika pada siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII dari 37 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan, desain penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. 2 kali pertemuan untuk kegiatan pembelajaran sedangkan 1 kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai tes pertama memiliki nilai rata-rata 62,54 dalam kategori kurang baik dengan persentase 19% dari sampel 7 siswa yang tuntas. Sedangkan pada tes kedua memiliki nilai rata-rata 77,16 dalam kategori sangat baik dengan persentase 73% dari sampel 27 siswa yang tuntas. Demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Kerja Kelompok berpengaruh positif pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VII MTs Arraoda
Referensi
Abidin.M.Z.2011. Pengertian Matematika. Bandung:Pustaka Setia.
Amin S.2010.Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta:Amzah.
Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.
Dimyati & Mudjiono.2011.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Dwijani, N. L. G. (2017). Penerapan Metode Kerja Kelompok Berbantuan Resume Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Semester 2 Di Sd Negeri 2 Bungkulan Tahun Pelajaran 2015–2016. Jurnal Ika, 15(2), 125-132.
Falentina, U. (2017). Memanfaatkan Metode Kerja Kelompok dalam Model Direct Instruction Untuk Mengoptimalkan Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 DI SMPN 8 Bintan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 131-137.
Harefa, D. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Kerja Kelompok. Jurnal Global Edukasi, 4(5), 271-278.
Kayatun, S., & Kresnadi, H. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(4).
Khotimah, S. H. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(1), 95-114.
Muhamad, N., & Ricky, H. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Pada Pelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 519-527.
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.
Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIK MEMANFAATKAN BAHAN AJAR DIGITAL MULTIMODAL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98-105.
Sudjana.2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.
Trisnawati, N. F., Hasyim, R., Mulyono, M., Setyo, A. A., & Fathurrahman, M. F. (2021). The Effectiveness of Mathematics Learning Using Scientific Approaches Assisted by Powerpoint Media. Mathematics Education Journal, 5(1).