ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI METODE DUAL SIMPLEKS
Keywords:
Analisis Kesalahan, Metode Dual Simpleks, Pemahaman Konsep Matematika, Program Linear, Teori NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada materi metode dual simpleks. Metode dual simpleks merupakan salah satu teknik penting dalam penyelesaian masalah program linear, namun sering kali menjadi tantangan bagi mahasiswa dalam memahami dan menerapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Sorong yang sedang mengambil mata kuliah Program Linear pada tahun 2024. Data dikumpulkan melalui tugas tertulis berupa soal uraian tentang metode dual simpleks. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan teori Newman, yang mencakup kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi adalah pada tahap memahami soal, keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
References
Aini, S., Fikri, A. J., & Sukandar, R. S. (2021). Optimalisasi Keuntungan Produksi Makanan Menggunakan Pemrograman Linear Melalui Metode Simpleks. Jurnal Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika Dan Ekonometrika, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.46306/bay.v1i2.22
Anwar, Z., & Hidayani, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 71–79.
Anwar, Z., Supriadi, Hamid, A., Mahmuri, H., Liani, A. M., & Nurmala, R. (2023). Analysis of Mathematical Critical Thinking Skills Through a Semiotic Approach (Vol. 2023, Issue Icsmtr). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-332-0_8
Budiarti, M. I. E., Musa’ad, F., & Supriadi. (2023). Analisis Proses Pemecahan Masalah Peserta Didik. 4, 533–539.
Burdam, G. I., Arsyad, R. B., Rumauw, H. R., & Trisnawati, N. F. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Masa Pandemic. LIMIT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29-38.
Fathurrahman, M., Ba’diah, A. S., & Husain, A. K. (2023). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Dan Fungsi Kuadrat. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 35–42.
Gusnandar, R., & Hilman, M. (2020). Optimasi Jumlah Produksi Sale Menggunakan Metode Linear Programming Pada Ukm Sari Murni Di Warung Batok Cilacap. Jurnal Industrial Galuh, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.25157/jig.v2i2.2967
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–2016. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.842
Layn, M. R., Arsyad, R. Bin, Mulyono, Sira’a, Y., & Kadtabalubun, C. (2023). Analisis Keslahan Menyelesaikan Soal Statistika dan Pengolahan Data Ditinjau dari Kemampuan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 43–53.
Nuga, K., Budiarti, M. I. E., Kahar, M. S., Raharja, S. P., & Sauli, Y. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR SEGI EMPAT DAN SEGITIGA: ANALYSIS OF STUDENTS'ERRORS IN SOLVING FLATER TRIANGLE AND TRIANGLE SHAPE QUESTIONS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 11-22.
Oktafia, M., Putra, A., & Habibi, M. (2020). The Analysis of Students’ Error in Operation Reseach Test for Linear Program Topic Based on Newman’s Error Analysis (NEA). Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 103–112. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.591
Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114
Rusani, I., Supriadi, Hidayani, & Anwar, Z. (2021). Analisis berpikir kritis matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya. Jurnal Koulutus, 4(2), 164–181.
Safitri, E., Basriati, S., Soleh, M., & Yuhandi. (2021). Penyelesaian Program Linier Menggunakan Metode Simpleks Dua Fase Dan Metode Quick Simpleks Dua Fase. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 1858–0629.
Sapta, A. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Metode Simpleks Pada Tutorial Online Universitas Terbuka. Journal of Science and Social Research, VII(2), 773–780.
Supriadi, S., Hidayani, H., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Langkah-Langkah Polya Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Campers Dan Tipe Quitters. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 11(1), 73–86. https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.20941
Tiara, T., Usman, U., & Ahsan, M. (2021). Analysis of Students ’ Difficulties in Solving Story Problems on Linear Programming Material At Sman 3 Sidrap Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Di Sman 3 Sidrap. PRINSIP Pendidikan Matematika, 4(1), 9–17.
Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250-260.
Vaidya, N. (2017). Application of Quick Simplex Method on the Dual Simplex Method (A New Approach). Journal of Advances in Mathematics and Computer Science, 24(5), 1–9. https://doi.org/10.9734/jamcs/2017/36357
Winursito, Y. C., Saputro, E. A., Islami, M. C. P., & Sari, A. K. (2023). Optimalisasi Produksi Warung Makan Menggunakan Model Linear Programming Dengan Metode Simplex. Konsorsium Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 16(1), 271–280. https://doi.org/10.33005/wj.v16i1.30