Keluarga dan Lokalisasi (Studi Kasus: Lokalisasi Batu Merah Tanjung Kota Ambon)

Authors

  • La Basri Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Keluarga, lokaliasi dan Kebutuhan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perkembangan keluarga yang tinggal di lingkungan Lokalisasi Batu Merah Tanjung, dengan melihat pada kehidupan sosial dalam memanfaatkan lokalisasi sebagai kebutuhan di masyarakat serta dampak yang dialami dari keberadaan lokalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat studi kasus, dimana keluarga yang bermukim ditempat lokalsisasi sebagai sasaran utama, kemudian data dikaji menggunakan motode diskriptif analisis kualitatif yang meliputi pencarian data dan analisis data berdasarkan informasi data di lapangan. Adanya kesinggungan antara keberadaan lokalisasi dengan keluarga yang tinggal ditempat lokalisasi, dimana lokalisasi sebagai pemberi stigma negative bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan lokalisasi tepapi lokalisasi juga sebagai pemberi manfaat terhadap kebutuhan ekonomi masyarakat sekitar yang memanfaatkan keberadaan lokalisasi. Keluarga memiliki peranan yang angat penting terhadap perkembangan anak sehingga penetuan tempat bermukim juga harus diperhatikan, selain itu pemerintah daerah harus bijak terhadap keberadaan lokalisasi dengan menempatkan jauh dari pemukiman warga.

References

Batjeran, D. M. (2010). Strategi Dinas Perisdrustrian Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (DISPERINDAG KOP & UMKM) Kabupaten Karangamyar Dalam Pengembangan Home Industri Batik Tulis.

Desmita. (2006). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Kalil, A. (2003). Family resilience and good child outcomes: A review of the literature. New Zealand: Centre for Social Research and Evaluation, Ministry of Social Development< Te Manatu Whakahiato Ora

Kartono Kartini. (2005) Patologi Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Press

Kriswanto, C., (2006). Seks, Es Krim dan Kopi Susu. Jakarta: Jagadnita Publishing.

Luthar. (2003). Resilience and Vulnerability: Adaptation in the Context of Childhood Adversities. Cambridge: Cambridge University Press.

Nuryani, S. (2015). Studi Deskriptif Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Lokalisasi Sunan Kuning Kelurahan Kalibanteng Kulon Kota Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2).

Penepoulosi, Michel, (2000). Lika-Liku Gadis Panggilan, CV. Pionir Jaya. Jakarta

Suyanto, Slamet. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Soekanto, Soerjono. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Basri, L. (2022). Keluarga dan Lokalisasi (Studi Kasus: Lokalisasi Batu Merah Tanjung Kota Ambon). Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 8(2), 36–50. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/1741

Issue

Section

Articles