Suku Tobaru: Dinamika Identitas dan Tradisi Perkawinan di Desa Kusu Halmahera

Authors

  • Bustamin Wahid Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nurul Nikmatul Ula Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Suku Tobaru, Dinamika Identitas dan Pernikahan adat

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskrispsikan tentang dinamikan identitas dan tradisi perkawinan Suku Tobaru desa Kusu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen, selain itu analisis data menggunakan polarisasi silogisme. Temuan penelitia menjukan bahwa desa Kusu merupakan satu desa yang majemuk, perbedaan agama dan suku begitu kuat, tapi masyarakat berusaha untuk mempertahakan kehidupan yang harmonis, kendati diketahui bahwa desa ini punya problem kelam tentang konflik sosial/sara pada 1999. Tapi suku yang mendiami desa itu terus berbedah dengan segala dinamika sosialnya. Selain itu juga proses pernihakan di suku Tobaru di desa kusu juga mengundang perhatian, syarata nika yang nyaris sama seperti suku atau rumpun di Papua.

References

Aziz, S. (2017). Tradisi pernikahan adat jawa keraton membentuk keluarga sakinah. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 15(1), 22-41.

Basiha, Asnita. (2014). Kesenjangan Sosial Masyarakat Pertambangan (Suatu Studi Pada Masyarakat Desa Mamungaa Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Basrowi, M.S.. (2005). Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Damsar. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).

Haq, H. S., & Hamdi, H. (2016). Perkawinan Adat Merariq Dan Tradisi Selabar Di Masyarakat Suku Sasak. Perspektif, 21(3), 157-167.

Irfan, M. (2017). Metamorfosis gotong royong dalam pandangan konstruksi sosial. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-10.

Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (2017). Dinamika perkembangan etnis di Indonesia dalam konteks persatuan negara. Populasi, 25(1), 64-81.

Raho, Bernard. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Neuman, W. Lawrence. (2016). Metodologi Penelitian Sosial, Pendekatan Kulitatif Dan Kuntitatif. Edisi Ke 7 (Terjemahan Edina T. Sofia). Jakarta: PT. Indeks

Ritzer, George. (2004). Teori Sosiologi Klasik, Modern Sampai Kontemporer. Bantul: Kreasi Wacana.

Sutoto, S. (2017). Dinamika Transformasi Budaya Belajar Suku Baduy. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2).

Sztompka, Piotr. (2010). Sosiologi Prubahan Sosial. Jakarta. Prenada

Wijaya, D. N. (2016). Kontrak Sosial Menurut Thomas Hobbes Dan John Locke. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 1(2), 183-193.

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Wahid, B., & Ula, S. N. N. (2022). Suku Tobaru: Dinamika Identitas dan Tradisi Perkawinan di Desa Kusu Halmahera. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 8(2), 13–25. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/1718

Issue

Section

Articles