Politik Pangan: Makanan dan Bahan Pangan Berbasisi Globalisasi dan Pasar Bebas Dalam Kajian Sosiologis

Authors

  • Moch. Slamet Budayawan dan Seniman (Seni Rupa)
  • Bustamin Wahid Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Agil Saeni Universitas Muhamadiyah Sorong

Keywords:

Politik Makanan, Bahan Pangan Dalam Globalisasi Pasar Bebas.

Abstract

Artikel ini merupakan hasil pemikiran dan konstruksi berbagai mancam bahan bacaan. Artikel ini seunggunya bagain dari tugas kulia pada program doktor sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang, yang pernah dipublish pada INA-Reix Papers. Makanan, dua kata ini sering dijadikan bahanan ketawaan dunia masyarakat, pada pertanyaan, hidup untuk makan atau makan untuk hidup? Dua permaianan bahasa ini menjadi diskusi, asal orang omong untuk cair memang, mana kala segerombolan manusia berkumpul disuatu tempat, misal untuk juga malam, sedang kerja balik, ataupun apapun aktifitasnya. Bila dicermati dengan secara umum dan teliti, ada dimensi dimensi sangat menarik buktinya, jikalau hidup untuk makan, maka dapat ditafsir sebab dapat dimaknai seseorang hidupnya makan terus, daya hidupnya untuk makan, sebagai suatu aktifitas.Sedangkan makan untuk hidup dapatdimanai sebagaimana bahwa makan diposisikan sebagai sarana, kebutuhan untuk mencapai atau menunjang agar manusia dapat hidup.

References

Baudrillard, Jean. (2013).Masyarakat Konsumsi.Penerbit Kreasi Wacana: Bantul. Cetakan Keempat

Jenks, Chris. (2013). Culture Studi Kebudayaan. Penerbit Pustaka Pelajar: Yogjakarta. Cetakan Pertama.

Kellner, Douglas and Best. (2003).Teori Pos Modern Heterogensi Kritis. Penerbit Boyan Publishing: Malang. Cetakan Pertama.

Korten, David C. (2002).The Post _Corpate World. Penerbit Yayasan Obor Indonesia. Cetakan Pertama.

Slamet, M., & Wahid, B. (2018). Universal (Global) Versus Kesukuan (Lokal). (Artikel INA-Rvix Papers).

Wahid, B. (2018). Esai-Esai Kuasa: Diskursus Politik Lokal. Yogyakarta: Tanah Air Beta.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Slamet, M., Wahid, B., & Saeni, A. (2022). Politik Pangan: Makanan dan Bahan Pangan Berbasisi Globalisasi dan Pasar Bebas Dalam Kajian Sosiologis. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 8(1), 13–21. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/1713