DAMPAK PEMBANGUNAN PRASARANA JALAN TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DISTRIK SALAWATI KABUPATEN SORONG

Authors

  • Hengki Klagumut Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ridha Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Hidaya Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pembangunan, Prasarana Jalan, Distrik Salawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dampak pembangunan prasarana jalan terhadap sosial ekonomi masyarakat di distrik Salawati Kabupaten Sorong, Untuk mengetahui kendala yang di hadapi masyarakat dengan adanya pembangunan prasarana jalan terhadap sosial ekonomi di distrik Salawati Kabupaten Sorong, dan Untuk mengetahui upaya pemerintah dalam. pembangunan prasarana jalan terhadap sosial ekonomi masyarakat di distrik Salawati Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Distrik salawati Kabupaten Sorong.  Dari hasil analisis yang dilakukan bahwa Dampak pembangunan prasarana jalan terhadap sosial ekonomi masyarakat Distrik Salawati Kabupaten Sorong Adalah Pembangunan inftrastruktur jalan dan perekonomian di Kabupaten Sorong sudah berjalan dengan sangat baik,walaupun masih ada pelayanan kepada masyarakat yang belum direspon namun sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah dan juga masyarakat.  Dampak lain memperlancar kegiatan ekonomi dan menjadikan komunikasi bisnis bisa lebih efektif antar daerah serta aktivitas manusia dari satu daerah ke daerah lain dapat berjalan dengan lebih cepat karena manusia menginginkan waktu yang efektif dan efisien. Faktor utama yang menghambat pembangunan infrastruktur jalan dan perekonomian adalah keterbatasan Anggaran, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN. Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi keterbatasan anggaran negara, maka diharapkan pemerintah daerah mampu menggali potensi sumber pendapatan asli daerah (PAD) untuk memaksimalkan pembangunan daerah. Peningktan sosisilisasi masyarakat dalam berpartisipasi menyuseskan pembanguanan khusnya pembanguanan jalan guna peningkaan perekonomian.

References

Bryan Coralie dan White Louise, 1985,Manajemen Pembanguan untuk Negara- Negara Berkembang(terjemahan), LP3ES ; Jakarta

Herabudin. (2016 : 114) Konsep Dasar Implementasi Kebijakan, CV Pustaka Setia, Bandung.

Howay, R., & Pabalik, D. (2019). Peran Kepemimpinan Lurah Terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kelurahan Malanu Distrik Sorong Utara Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(3), 1-11.

John C. Reinard, Penelitian Kualitatif, Communication Research Statistics, SAGE, 2006 https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kualitatif.

Kencana, l. 1990. Ilmu Administrasi Publik. Rineka Cipta : London.

Khisty, C. Jotin dan B. Kent Lall. 2005. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi.

Penerbit Erlangga: Jakarta

Moleong. L. 1996, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya,

Bandung

Mustopadidjaja AR. 2002. Manajemen Proses Kebijakan Publik. LAN 2001.

Prijono, Onny., dan A.W.K. Pranarka. 1996.Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. CSIS : Jakarta.

Purwa dharminta, “Kamus Besar Bahasa Indonesiaâ€, Penerbit Nusamedia ujung berung bandung.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Dâ€, Penerbit Alfabeta, CV. Bandung

Swasono, Sri-Edi 2003 , Ekspose Ekonomi: Kompetensi dan Integritas Sarjana Ekonomi, UI-Press, Jakarta.

Taa, A., Ali, M., & Bintari, W. C. (2019). Dampak Pemekaran Wilayah Terhadap Keutuhan Budaya Masyarakat Distrik Aifat Utara Di Kabupaten Maybrat. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 32-43.

Tjokroamidjojo, B., 1984, Pengantar Administrasi Pembangunan., LP3ES.Jakarta

Todaro, Michael. P., 1998, Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, ahli bahasa , Haris Munandar, Edisi 6, cetakan I, Erlangga Jakarta.

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Klagumut, H., Suaib, M. R., & Hidaya, N. (2019). DAMPAK PEMBANGUNAN PRASARANA JALAN TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DISTRIK SALAWATI KABUPATEN SORONG. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 4(1), 12–21. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/661

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>