PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN DI BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA KANTOR KESATUAN BANGSA, POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT (KESBANGPOL & LINMAS) KOTA SORONG

Authors

  • Sitti Sainab Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ridha Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Purnomo Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Wawasan, Nilai Kebangsaan, Kebangpol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan wawasan kebangsaan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan wawasan kebangsaan di bidang pengembangan nilai-nilai kebangsaan pada kantor KESBANGPOL Kota Sorong. Tempat atau lokasi dilakukannya penelitian ini ialah pada Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol & Linmas) Kota Sorong. Waktu penelitian direncanakan akan di lakukan mulai dari bulan Oktober 2016 – Januari 2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Sorong adapun sampel penelitian yaitu Kepala Badang Kesbangpol, Kepaala Bidang, dan staf pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan wawasan kebangsaan di bidang pengembangan nilai-nilai kebangsaan dilakukan melalui sosialisasi dan diskusi adapaun faktor pendukung yakni anggaran, sarana dan prasarana, sinkronisasi organisasi dan faktor penghambat antara lain minimnya anggaran, tidak adanya sarana dan prasarana, dan ketidak samaan struktur organisasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa perlu adanya sosialisasi yang rutin penyediaan anggaran dan penyinkronan struktur organisasi pada kantor tersebut.

References

Anderson, Bennedict,1991 Imagined Community : reflections on the Origin and Spread of Nationalism, Verso : London.

Basari, Hasan / Bernhard Dahm,1987. Sukarno dan perjuangan kemerdekaan, : LP3ES. Jakarta.

Urkheim, Emile (et.al.),1964. Essay on Philosophy and Sociology, Harper Books.

Dahl, Robert A., 1982. Dillemas of Pluralist Democracy: Autonomy vs Control, Yale University Press.

Gonggong, Anhar dalam “Diskusi Terbatas,†“Perspektif Sejarah atas Demokrasi

Indonesia,†11 September 2002, di Bappenas, oleh Direktorat Politik, Komunikasi dan Informasi.

Huntington, Samuel P. 1991. Democracy’s Third Wave, dalam Journal of

Democracy, Spring.

http://mukti-com.blogspot.com/2012/08/teori-kebangsaan.html.

http://artpelajar.blogspot.com/2012/12/pengertian-sejarah_17.html.

Kartasasmita, Ginandjar. 1994. “Pembangunan Nasional dan Wawasan Kebangsasn†Makalah disampaikan pada Sarasehan Nasional Wawasan Kebangsaan di Jakarta.

Linz, Juan J. dan Alfred Stepan, 2001. Mendefinisikan dan Membangun Demokrasi, dalam “Menjauhi Demokrasi Kaum Pemnajahâ€, Ikrar Nusa Bhakti dan Riza Sihbudi (ed.), : Mizan, Bandung.

Parsons, Talcott. 1951. Toward a General Theory of action. New York : Harper & Row,. New York.

Sudarsono, Juwono, (Ed.), 1994. Pembangunan Politik dan Perubahan Politik, Gramedia : Jakarta.

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Sainab, S., Suaib, M. R., & Purnomo, A. (2019). PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN DI BIDANG PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA KANTOR KESATUAN BANGSA, POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT (KESBANGPOL & LINMAS) KOTA SORONG. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 3(4), 14–23. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/656

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>