PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR PANTAI PASCA KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENGENTASAN KEMISKINAN DI KELURAHAN SOOP DISTRIK SORONG KEPULAUAN KOTA SORONG

Authors

  • Alwiarumatiga Alwiarumatiga Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ridha Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Hidaya Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Perubahan Sosial, Kebijakan, Kemiskinan

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan dalam pembangunan, untuk mengentaskan kemiskinan salah satunya dengan cara pemberdayaan masyarakat. Kelurahan Soop merumpakan tergolong wilayah pesisir, dan rata-rata peduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Umumnya masyarakat tergolognya kedalam masyarakat yang kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan fenomena mengatasi kemiskinan di Kelurahan Soop dan faktor penyebabnya di kelurahan Soop. Dalam penelitian adalah teknik wawancara, observasi, dan dokomentasi hasil penelitian ini menunjukan bahwa di Kelurahan Soop masi banyak masalah kemiskinan.

References

Anderson, Bennedict,1991 Imagined Community : reflections on the Origin and Spread of Nationalism, Verso : London.

Basari, Hasan / Bernhard Dahm,1987. Sukarno dan perjuangan kemerdekaan, : LP3ES. Jakarta.

Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Depdagri, 2004. Pembangunan Politik Dalam Negeri Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Demi Utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Depdagri, 2005 Modul Pemantapan Budaya Politik.

Urkheim, Emile (et.al.),1964. Essay on Philosophy and Sociology, Harper Books.

Dahl, Robert A., 1982. Dillemas of Pluralist Democracy: Autonomy vs Control, Yale University Press.

Gonggong, Anhar dalam “Diskusi Terbatas,†“Perspektif Sejarah atas Demokrasi Indonesia,†11 September 2002, di Bappenas, oleh Direktorat Politik, Komunikasi dan Informasi.

Huntington, Samuel P. 1991. Democracy’s Third Wave, dalam Journal of Democracy, Spring.

Kartasasmita, Ginandjar. 1994. “Pembangunan Nasional dan Wawasan Kebangsasn†Makalah disampaikan pada Sarasehan Nasional Wawasan Kebangsaan di Jakarta.

Linz, Juan J. dan Alfred Stepan, 2001. Mendefinisikan dan Membangun Demokrasi, dalam “Menjauhi Demokrasi Kaum Pemnajahâ€, Ikrar Nusa Bhakti dan Riza Sihbudi (ed.), : Mizan, Bandung.

Parsons, Talcott. 1951. Toward a General Theory of action. New York : Harper & Row,. New York.

Prasetyo, Z. N. D., Pabalik, D., & Bintari, W. C. (2017). Implementasi Alokasi Dana Kelurahan Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Malawele Kabupaten Sorong. Gradual, 6(2), 42-53.

Sudarsono, Juwono, (Ed.), 1994. Pembangunan Politik dan Perubahan Politik, Gramedia : Jakarta.

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Alwiarumatiga, A., Suaib, M. R., & Hidaya, N. (2019). PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR PANTAI PASCA KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENGENTASAN KEMISKINAN DI KELURAHAN SOOP DISTRIK SORONG KEPULAUAN KOTA SORONG. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 3(3), 27–40. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/651

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>