IMPLEMENTASI SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SORONG

Authors

  • Arianti Mapadang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ridha Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Purnomo Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Implementasi, Sistem Administrasi, Kependudukan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Sorong). 2) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami dalam Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Sorong. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan teknik kualitatif. Menguraikan serta menginterpretasikan data yang diperoleh dari lapangan yang di dapat dari para informan. Penganalisaan ini diperoleh berdasarkan kemampuan nalar peneliti dalam menghubung-hubungkan fakta,data dan informasi lalu dianalisis. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Sorong. Tehnik pengumpulan data menggunakan Teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ; 1) Secara umum Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependuduka n di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan sudah berjalan dengan cukup baik. Dimana setiap tahapan hampir berjalan dengan lancar karena dilakukan dengan mengacu pada prosedur dan mekanisme yang ada dalam ketentuan.  Dan bila didasarkan oleh beberapa aspek pengukurnya maka di dapatkan hasil : a) Standart dan sasaran kebijakan. Pelaksanaanya sudah mulai mengikuti  berbagai aturan atau standar yang . 2) Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran implementornya, komunikasi yang baik antar bagian di dalamnya, karakteristik dari tiap agen pelaksana, serta masyarakat yang memberikan respon yang cukup baik.Ada beberapa kendala atau hambatan yang terjadi dalam proses Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong, yaitu menyangkut masalah kurangnya sumber daya manusia yang mampu menjalankan berbagai peralatan informatika yang dipergunakan selama implementasi. Kedua adalah kurang maksimal serta efisiennya sosialisasi dan penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat agar pelaksanaannya dapat lebih maksimal pula.

References

Abidin, Said Zainal.2004. Kebijakan Publik. : Yayasan Pancur Siwah. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. :Rineka Cipta. Jakarta

Hadari, Nawawi. 1990. Metode Penelitian Bidang Sosial. : Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Karim, N. I. A., Amiruddin, A., & Ena, N. (2017). ANALISIS ADMINISTRASI KETENAGAKERJAAN PADA PEKERJA HIBURAN MALAM DAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL KOTA SORONG. Gradual, 6(2), 1-11.

Putra, Fadillah. 2003. Paradigma Kritis dalam Studi Kebijakan Publik. : Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Prasetyo, Z. N. D., Pabalik, D., & Bintari, W. C. (2017). IMPLEMENTASI ALOKASI DANA KELURAHAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN MALAWELE KABUPATEN SORONG. Gradual, 6(2), 42-53.

Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survai. : LP3ES. Jakarta

Subarsono, AG.2005. Analisis Kebijakan Publik Konsep,Teori dan Aplikasi.: Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi.: Alfabeta. Bandung

Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan.: Prenada Media. Jakarta

Tangkilisan, Hesel Nogi. 2003. Implementasi Kebijakan Publik.: Lukman Offset YPAPI. Yogyakarta

Tangkilisan, Hesel Nogi. 2003. Kebijakan Publik Yang Membumi. Lukman Offset YPAPI. Yogyakarta

Thomas, R. Dey. 2003. Analisis Kebijakan Publik. LP3S. Jakarta.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses kebijakan Publik. Media Pressindo. Yogyakarta

Wahab, Solichin A. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. : UMM Press. Malang

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Mapadang, A., Suaib, M. R., & Purnomo, A. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SORONG. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 3(4), 42–52. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/658

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>