Implementasi Remunerasi Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Sorong

Authors

  • Nurul Fadhilah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wisang Candra Bintari Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Remunerasi, Kinerja Pegawai, Pelayanan Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui implementasi remunerasi untuk meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Sorong. 2) Mengetahui kesiapan pegawai pajak dalam upaya implementasi remunerasi di KPP Pratama Kota Sorong. 3) Mengetahi kendala apa saja yang dihadapi dalam upaya implementasi remunerasi di KPP Pratama Kota Sorong. Metode  penelitian ini adalah survey yaitu dengan mengadakan tinjauan langsung ke lokasi penelitian. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua pegawai yang bekerja di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong yang mencapai 79 orang. Sedangkan sampel Peneliti mengambil kepala Subbagian Umum sebagai salah satu responden dan diikuti dengan pegawai yang menjabat sebagai Account Representative yaitu sebanyak 5 orang serta beberapa WP (Wajib Pajak) sebagai pihak yang menerima pelayanan. Teknik pengambilan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Remunerasi merupakan salah satu tunjangan yang diberikan kepada Pegawai Negeri atas kinerja yang telah dilaksanakan. 2) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong menerapkan sistem remunerasi yang lebih baik, dalam arti lebih transparan, lebih kompetitif dan mampu meningkatkan kesejahteraan para pegawainya. 4) Masih terdapat kendala yang dihadapi para pegawai dalam upaya implementasi remunerasi di lingkungan KPP Pratama Kota Sorong.

References

Abdul Wahab, Solichin. 2001. Analisis Kebijaksanaan:Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Edisi Kedua, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, cetakan kedua belas, PT Rineka Cipta, Jakarta.

As’ad. 2003. Perilaku Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Foster, S dan Seeker J. 2001. Perilaku Organisasi, jilid I Edisi Pertama Terjemahan Erly Suandy, Salemba Empat, Jakarta.

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Harbani. 2006. Teori Administrasi Publik, CV Alfabeta, Bandung.

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu AA. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mathis, Robert L. & John H. Jackson. 2004. Human Resource Management, Salemba Empat, Jakarta.

Mathis, Robert L. & John H. Jackson. 2006. Human Resource Management : Manajemen Sumber Daya Manusia, Terjemahan Dian Angelia, Salemba Empat, Jakarta.

McMilan, J.H., & Schumacher, S. 2003. Research in education: A conceptual introduction (5th ed.), New York: Longman.

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Prasojo, Eko. 2006. Reformasi Birokrasi di Indonesia : Beberapa Catatan Kritis. Jurnal Ilmu Adminitrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi, Volume 14, Nomor 1 Januari.

Rivai, Veithzal. 2005. Performance Appraisal, Sistem Yang Tepat untuk Menilai kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rizky, Achmad S. 2001. Manajemen Penggajian dan Pengupahan Karyawan, Cetakan Pertama, Murai Kencana, Jakarta.

Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). FAKTOR MOTIVASI DALAM KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SORONG. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.

Samsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke-1, CV. Pustaka Setia, Bandung.

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kerja, Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suratno dan Lincolin Arsyad. 1988. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis, BPFE, Yogyakarta.

Surya, Muhammad. 2005. Membangun Profesionalisme Guru, Makalah Seminar Pendidikan, 6 Mei 2005, Jakarta.

Zauhar, Soesilo. 2002. Reformasi Administrasi Konsep, Dimensi dan Strategi. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Zeithaml, Valerie A, A. Parasuraman and Leonard L. Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations, USA: The Press.

Peraturan Tertulis :

Kepmenkeu No. 289/KMK.01/2007 tentang Peringkat Jabatan di Lingkungan Departemen Keuangan

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 10/PMK.02/2006 tentangPedoman Penetapan Remunerasi Bagi Pejabat Pengelola, Dewan Pengawas dan Pegawai Badan Layanan Umum

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 55/PMK.01/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak.

Undang-Undang No.43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No.8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Fadhilah, N., Amiruddin, A., & Bintari, W. C. (2019). Implementasi Remunerasi Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Sorong. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 3(2), 29–41. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/647

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>