Pentingnya Motivasi Dalam Meningkatkan Disiplin Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong

Authors

  • Petrus Roidonal Sembai Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hermanto Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wisang Candra Bintari Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Motivasi, Disiplin, Kota Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya memotivasi dalam peningkatan disiplin Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong; Untuk mengetahui penghambat dan pendukung dalam peningkatan motivasi Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong; dan Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian dalam peningkatan motivasi terhadap disiplin Aparatur Sipil Negara. Jenis Penelitian yang akan digunakan ialah deskriptif, dengan metode pengumpulan data yakni kepustakaan; wawancara; dan pengamatan. Pengumpulan data dilakukan pada bulan oktober sampai desember 2018. Pupulasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Kepegawaian Kota Sorong. Adapun sampel pada penelitian ini ialah 10 orang pegawai badan kepegawaian kota sorong. Hasil penelitian menunjukkan  terdapat faktor yang mempengaruhi kinerja dalam meningkatkan disiplin aparatur sipil negara pada badan kepegawaian daerah kota sorong. Adapun penghambat diantaranya sosialisasi UU kepegawaian yang belum banyak; pelaksanaan tata tertib aparatur sipil negara yang masih kurang; tugas dan fungsi ASN yang masih tumpeng tindih; partisipasi masyarakat masih relative rendah; pemahaman masyarakat terhadapa good governance masih rendah; ketersediaan aparatur pemerintah / pegawai masih kurang; upaya yang pemerintah lakukan dalam pemecahan masalah tersebut diantaranya  tugas dan fungsi ASN diharapkan sesuai dengan kompetensi; dilaksanakan pelatihan secara berkala; pengembangan karir ASN yang jelas; koordinasi pengawasan yang baik; soialisasi kepada masyarakat dengan baik; penambahan anggota CPNS di wilayah kota sorong. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pentingnya motivasi dalam meningkatkan disiplin aparatur sipil meskipun masih terdapat penghambat pada pelaksanaannya.

References

Moleong, Lexy J., 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nawawi, H. Hadari, 1985, Metode Penelitian Bidang Sosial, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 44-51.

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Administrasi, AlfaBeta, Bandung.

Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Faktor Motivasi Dalam Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.

Downloads

Published

2019-12-25

How to Cite

Sembai, P. R., Suaib, H., & Bintari, W. C. (2019). Pentingnya Motivasi Dalam Meningkatkan Disiplin Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 4(3), 8–15. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/764

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)