PERANAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN MASYARAKAT DI DISTRIK SORONG MANOI KOTA SORONG

Authors

  • James Haryando Simatupang Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Dg Pabalik Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Nurchasanah Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Disiplin Kerja, Pelayanan Masyarakat, Kota Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan disiplin kerja dengan efektifitas pelayanan masyarakat pada Kantor Distrik Sorong Manoi Kota Sorong; untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong kedisiplinan kerja pegawai pada Kantor Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jenis penelitian yaitu Analisa Deskriptif Kualitatif dengan Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah wawancara; populasi pada penetilian ini ialah Kantor Distrik Sorong Manoi Kota Sorong dengan sampel sebanyak 13 orang pegawai Kantor Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rendahnya disiplin Pegawai Negeri Sipil masih mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, baik internal pemerintahan maupun dari masyarakat melalui berbagai lembaga swadaya masyarakat, Keluhan masyarakat atas pelayanan yang lambat karena petugas yang tidak berada di tempat pada saat jam kerja, pelayanan yang bertele-tele karena petugas yang bekerja tidak profesional, berkas yang hilang karena keteledoran petugas, merupakan keluhan yang lumrah terhadap rendahnya kualitas kinerja PNS dalam melakukan pelayanan publik. Adapun faktor-faktor penghambat kedisiplinan pegwai diantaranya faktor kepribadian; dan faktor lingkungan; sedangkan yang menjadi pendorong kedisiplinan ialah sumber daya aparatur; kesadaran masyarakat; dan sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat dan pendorong suatu kedisiplinan berpengaruh terhadap efektifitas pelayanan masyarakat di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong.

 

References

Aritonang, R. L.2005. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publishing, Malang.

Atmosudirjo, P. 1987. Pengambilan Keputusan. Seri Pustaka VI. 302 p, Ghalis Indonesia. Ensiklopedi Administras, 1989.

Gibson, James. 1994 Organisasi dan Manajemen . Erlangga, Jakarta. Kotler, Philip. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Moenir, H.A.S., 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Moukijad, 1987. Managemen Kepegawaian/Personel Management. Alumni, Jakarta.

Nitisemito, Alex. S. 1991. Manajemen Personalia. Cetakan ke-8.

Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Jasa Terpadu (Total Service Management), Ghalia Indonesia, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Suseno, Kusen. Menegakkan Disiplin PNS. Suara Karya, edisi 24 Januari 2005. Steers, M. Richard. 1985. Efektifitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Setiyawan, Budi & Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja. JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 181-198, Semarang.

Thoha, Miftah. 1988. Pembinaan Organisasi, Proses Diagnosa dan Intervensi.

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Waridin. 2004. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai, EKOBIS, Vol 7. No 2, Hal. 197- 209.

Warella, Y., 1997. Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar FISIP UNDIP, Semarang.

Downloads

Published

2019-10-19

How to Cite

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). PERANAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN MASYARAKAT DI DISTRIK SORONG MANOI KOTA SORONG. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 2(2), 44–51. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/612

Issue

Section

Articles