Peran Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Di Rumah Sakit Scholoo Keyen

Authors

  • William Saflessa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Dg Pabalik Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Saiful Ichwan Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Scholoo Keyen, Masyarakat

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah Kabupaten Sorong Selatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat di Rumah Sakit Scholoo Keyen; untuk mengetahui hambatan dalam peningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Rumah Sakit Scholoo Keyen; Menganalisis upaya yang dilakukan oleh pemerintah  daerah Kabupaten  Sorong  SeJatan dalam meningkatkan peJayanan kesehatan kepada masyarakat di Rumah Sakit Scholoo Keyen. metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, dan telaah dokumen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh karyawan di Rumah Sakit Scholoo Keyen, adapun sampel pada penelitian ini yaitu sejumlah 32 orang pegawai di Scholoo Keyen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemerintah telah membangun fasilitas dan melengkapi peralatan yang memdai untuk pelayanan masyarakat, menyediakan tenaga ahli dibidang administrasi dan tenaga ahli kesehatan. Adapun hambatan waktu tunggu dan jumlah keluhan masyarakat; Sarana dan prasaran puskesmas; Kepuasan pegawai puskesmas; dan Kepuasan masyarakat yang menerima pelayanan kesehatan. Adapun upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat ialah pengembangan  program  jaminan   mutu,   pemenuhan kebutuhan pembekalan, dan  kemampuan manajerial petugas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Scholoo Keyen tidak lepas dari peran pemerintah Kabupaten Sorong Selatan meskipun masih terdapat hambatan-hambatan yang harus dihadapi oleh pemerintah dalam mewujudkannya.

References

Abu Ahmadi, 1991, Psikologi Umum, Rineka Cipta, Jakarta. Adrian Payne, 1995, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyak:arta.

Arikunto Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakzek, Rineka Cipta, Jakarta.

Djuretnaa Imam Muhni, 1994, Moral Suatu Masyarakat, Kanisius, Yogyakarta. E.St Harahap, dkk, 2007, Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka : Bandung.

Fandy Tjiptono, 2002, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Hadari Nawawi, 1999, Metode Penelitian Sosial, Gadja Mada University Press, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu, 1993, Organisasi dan Motivasi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Linton Ralph, 1994, Antropologi, Suatu Penyelidikan Tentang Manusia, Pustaka Belajar, Jakarta.

Manullang, 1978, Dasar-Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mu'rifah, 2007, Materi Pokok Pendidikan Kesehatan, Universitas Terbuka, Jakarta.

Moenir, 2006, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta. Nazir, 1999, Metode Penelitian, Ghalia lndonesia, Jakarta.

Notoatmodjo, 2007. Metodologi Penelitian Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta. Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo, Jakarta.

Soeleman, 1994, Strukiur dan Proses Sosial Suatu Pengantar Sosiologi Pembangunan, CV .Rajawali, Jakarta.

Syani. Abdul, 1995. Sosiologi dan Perubahan Masyarakat, Pustaka Jaya, Jakarta.

The Liang Gie, 1999, Pengantar Filsofat Ilmu, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Trimurthy, 2008, Pelayunan Kesehatan Masyarakat, Gunung Mulia, Jakarta.

Downloads

Published

2019-10-19

How to Cite

Saflessa, W., Pabalik, D., & Ichwan, S. (2019). Peran Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Di Rumah Sakit Scholoo Keyen. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 2(3), 12–21. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/620

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)