Analisis Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat Di Kota Sorong

Authors

  • Arum Puspitasari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nanik Purwanti Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Kinerja Pegawai, Produktivitas, Kota Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja, produktivitas pegawai pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat; Untuk mengetahui upaya meningkatkan produktivitas pegawai pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat; dan Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kinerja pegawai pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis secara kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pegawai dalam meningkatkan kinerja di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat sudah meningkat berdasarkan konsep-konsep kinerja yang baik yaitu produktivitas, responsibilitas, dan disiplin yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produktivitas pegawai pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat di Kota Sorong meningkat berdasarkan konsep-konsep kinerja yang baik.

References

A, Strauss dan Corbin J., 2003, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif : Tatalangkah dan Tekni-teknik Teorisasi Data, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nawawi, Hadari & Hadari, Martini, M. 2004. Kepemimpinan yang Efektif, Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 44-51.

Sulistiyani, S., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalam Kinerja Pegawai Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), 32-40.

Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Downloads

Published

2019-12-25

How to Cite

Puspitasari, A., & Purwanti, N. (2019). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Barat Di Kota Sorong. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 4(3), 26–33. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/766

Issue

Section

Articles