ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. GLOBAL TRANSPORTASI MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Asdar STIE WIRA BAKTI MAKASSAR

DOI:

https://doi.org/10.33506/sl.v7i1.104

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Produktivitas Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan manajer terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan pada PT. Global Transportasi Makassar. 2) Mengetahui gaya kepemimpinan manajer yang paling berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan pada PT. Global Transportasi Makassar.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan Teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan dua metode analisis, yaitu : Metode analisis kualitatif adalah metode analisis data yang diperoleh lewat wawancara, kuesioner dan sebagainya. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa yang digunakan dan sejauh mana hal itu berpengaruh dalam peningkatan kinerja karyawan dan Metode analisis kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengukur peningkatan kinerja karyawan dalam bentuk angka. Dalam metode ini digunakan variabel gaya kepemimpinan sebagai berikut Y = bo + b₠X₠+ b₂ X₂ + b3X3+ E.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase produktivitas karyawan pada tahun 2015 merupakan kinerja yang paling tinggi selama lima tahun terakhir yaitu dari tahun 2011-2015, dimana pada tahun 2015 tingkat produktivitas karyawan adalah sebesar 75,45. Hasil koefisien korelasi (R), menunjukkan nilai sebesar 0,980 dengan demikian dikatakan variabel X1 (Gaya Intruksi), variabel X2 (Gaya Konsultasi), X3 (Gaya Partisipasi) dan X4 (Gaya Delegatif) memiliki keeratan yang tinggi, yakni 98 % atau tingkat standar error 2 % atau 0,2. Hasil koefisien determinasi (R²), menunjukkan nilai sebesar 0,960 atau 96 %, berarti pengaruh variabel X1 (Gaya Intruksi), variabel X2 (Gaya Konsultasi), X3 (Gaya Partisipasi) dan X4 (Gaya Delegatif) terhadap variabel Y (produktivitas kerja karyawan) adalah signifikan (karena mendekati positif satu). Sedangkan selebihnya 4 % adalah pengaruh variabel lainnya, akan tetapi tidak diteliti.

References

Arep, Ishak dan Handri Tanjung. 2004. Manajemen Motivasi. Jakarta : Grasindo.

Gibson, dkk. 2004. Organisasi dan Manajemen : Perilaku, Struktur, dan Proses. Edisi Empat. Jakarta : Erlangga.

Gomes, Faustino C. 1999. Manajemen sumebr Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Lussier, Robert N. 2004. Human Relations in Organization : A Skill Building Approach, Homewood, Illinois : Richard D. Irwin, Inc.

Maryoto Susilo, 2001. Penerapan Produktivitas Dalam Organisasi, Cetakan BPEE. Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Muchdarsyah, Sinungan, 2005, Produktivitas, Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Sinar Grafika Offset, Jakarta

Reksohadiprodjo, Sukanto dan T. Hani Handoko. 1986. Organisasi Perusahaan : Teori dan Perilaku. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE.

Stoner, James A.F. 2001. Manajemen. Edisi Kedua, Terjemahan : Antarikso, dkk. Jakarta : Erlangga.

Swastha, Basu, dan Handoko, 2000. Asas-Asas Marketing, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Thoha, Miftah. 1995. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : Rajawali.

Tulus, Agus, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia,Cetakan Ketiga, Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah : Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Winardi. 2002. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Penerbit PT. Rineka Cipta Jakarta.

Downloads

Published

2018-01-12

How to Cite

Asdar, M. (2018). ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. GLOBAL TRANSPORTASI MAKASSAR. SENTRALISASI, 7(1), 10–26. https://doi.org/10.33506/sl.v7i1.104