Kajian Hidrologi Pada Sistem Pengendalian Banjir

Authors

  • Aan Andriawan Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v7i1.1228

Keywords:

Curah hujan, Banjir, Pengendalian Banjir

Abstract

Gedung Social Security Tower (SS Tower) adalah jawaban akan tingginya kebutuhan ruang kantor, lingkungan SS Tower adalah lingkungan yang ramah, yang ketika pembangunannya memperhatikan dampak terhadap lingkungan hidup. Salah satu upayanya adalah dengan dengan di buatnya daerah tangkapan air hujan yang memadai dengan pembuatan kolam resapan maupun sumur-sumur resapan. Selain itu juga bentuk upayanya antara lain yaitu pencegahan penyerapan air laut kedalam area perkotaan, penganganan genangan banjir yang sering terjadi di Jakarta, pemanfaatan kembali air hujan dan menyediakan area terbuka. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran kondisi hidrologi yang lebih detail sehingga pengelolaan air di Gedung SS tower dapat dikelola dengan optimal atu dikendalikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengendalian bajir ini adalah Analisa perhitungan curah hujan rata-rata DAS, analisa frekuensi dan perhitungan debit rencana. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil kajian hidrologi perlu dipertimbangkan besaran banjir di Kali Cideng dan sistem pompa pada Waduk Setia Budi. Dari analisis besaran runoff banjir kawasan, lokasi rencana diperkirakan menyumbangkan 0,15 m3/detik (pada kala ulang 5 tahunan) aliran ke system drainase apabila tidak  dilakukan penanganan untuk menahan laju aliran permukaan dengan pembuatan saluran resapan aatau kolam resapan.

References

Affandy, N. A., & Anwar, N. 2007. Pemodelan Hujan-Debit Menggunakan Model HEC-HMS di DAS Sampean Baru. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh September.

Al Amin, M. B. 2016. Analisis Genangan Banjir di Kawasan Sekitar Kolam Retensi dan Rencana Pengendaliannya, Studi Kasus: Kolam Retensi Siti Khadijah Palembang. Journal of Regional and City Planning, 27(2), 69-90.

Harmani, E., & Soemantoro, M. (2017). Kolam retensi sebagai alternatif pengendali banjir. Jurnal Teknik Sipil Unitomo, 1(1), 71-80.

Quirogaa, V. M., Kurea, S., Udoa, K., & Manoa, A. 2016. Application of 2D numerical simulation for the analysis of the February 2014 Bolivian Amazonia flood: Application of the new HEC-RAS version 5. Ribagua, 3(1), 25-33.

Ryka, H., & Syahid, A. 2020. Sistem Informasi Geografis (GIS) dengan Arcgis dalam Pemanfaatan Analisis Banjir di Kelurahan Sepinggan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil TRANSUKMA (Tanah Transportasi Struktur Manajemen Kontruksi), 3(1), 42-51.

Syahputra, I. (2015). Kajian hidrologi dan analisa kapasitas tampang Sungai Krueng Langsa berbasis HEC-HMS dan HEC-RAS. Jurnal Teknik Sipil Unaya, 1(1), 15-28.

Syofyan, E. R. (2020). Analisis Pengendalian Puncak Banjir Menggunakan Kolam Retensi di DAS Batang Air Dingin Kota Padang. Jurnal Ilmiah Poli Rekayasa, 16(1), 1-10.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Andriawan, A. (2021). Kajian Hidrologi Pada Sistem Pengendalian Banjir. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 7(1), 35–41. https://doi.org/10.33506/rb.v7i1.1228

Issue

Section

Articles