Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Friwen Terhadap Masuknya Budaya Asing Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat

Authors

  • Apriyonlif Domakubun Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Uswatul Mardliyah Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjs.v1i1.1977

Keywords:

Perubahan Sosial; Budaya Masyarakat; Budaya Asing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perubahan social budaya pada masyarakat Friwen terhadap masuknya budaya asing. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena prosedur penelitian yang mengasilkan data diskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan teknik  pengumpulan  data  yang  terdiri  dari  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sosial budaya pada masyarakat Friwen yang ditandai dengan masuknya budaya asing, perubahan ini dapat dilihat pada perubahan budaya, ekonomi dan social kehidupan masyarakat. Hal ini terjadi disebabkan pengaruh dari luar seperti para wisatawan, pendidikan, agama, sifat malu dan egois masyarakat yang hampir tidak pernah menerapkan budaya aslinya, sehingga dapat dipengaruhi oleh budaya asing atau budaya luar yang pada akhirnya menghasilkan budaya baru yang secara tidak langsung disepakati dan dihormati untuk dijalankan oleh masyarakat Friwen sendiri.

References

Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Martono, Nanang. 2003, sosiologi perubahan sosial, PT raja grafindo persada:

Jakarta

Ritzer, George. 2003. Teoro Sosiologi Modern. Kencana: Jakarta

Soejono, Soekanto. 2013. sosiologi suatu pengantar/Soejono Soekanto -Ed. Revisi-

- raja wali pers: Jakarta

Stompka Piotr. 2010. Sosiologi Perubahan Sosial. Pernada: Jakarta.

Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Usman, Suyoto. 2010. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka

Pelajar: Yogyakarta

Published

2023-01-25

How to Cite

Domakubun, A., & Mardliyah, U. (2023). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Friwen Terhadap Masuknya Budaya Asing Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat . Papua Journal of Sociology (PJS), 1(1 Maret), 1–10. https://doi.org/10.33506/pjs.v1i1.1977

Issue

Section

Articles