KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SD NEGERI 24 KOTA SORONG
Kata Kunci:
teaching campuses; education; increasing numeracy literacy skillsAbstrak
Salah satu komponen paling penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) adalah pendidikan oleh karena itu, institusi ini sangat penting untuk menyiapkan generasi yang berkualitas tinggi. Mansour Fakih berpendapat bahwa pendidikan merupakan proses yang menghasilkan kesadaran kritis, seperti berkembangnya kesadaran kelas, kesadaran gender, dan kesadaran kritis lainnya (Ayu & Syukur, 2023). Program Kampus Mengajar telah menjadi salah satu inisiatif yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia (Naibaho & Saragih, 2023). Dalam upaya untuk memperkuat literasi dan numerasi siswa, beberapa kegiatan telah dilaksanakan di SD Negeri 24 Kota Sorong. Antara lain, melalui program literasi digital, tebak kata sifat, dan ular tangga numerasi, serta pengenalan konsep berhitung saat berbaris sebelum pembelajaran dimulai. Pendekatan kualitatif dan deskriptif digunakan untuk menggambarkan peristiwa dan fenomena yang terjadi selama program ini dilaksanakan. Melalui teknik dokumentasi, data-data yang terkumpul dianalisis dengan mempertimbangkan berbagai referensi pustaka. Oleh karena itu, program-program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Referensi
Afifah, N., & Mufidah, E. (2022). Penerapan Sistem Full Day School Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education., 2(2), 36-47.
Ahyar, A. M., & Zumrotun, E. (2023). Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 291–301. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.586
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Ardi, S. D. K., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1).
Ayu, N., & Syukur, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi pada Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa SD Negeri Tanrara. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3106–3121. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.720
Bengkulu, S. D. N. K. (2023). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi. 4(2), 4596–4601.
Devi, I. P., Irnawati, L., Pantin, L. D. S. P., Amelya, N., & Mufidatin, S. (2023, October). Media ULTRASI (Ular Tangga Numerasi) Pada Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, No. 1, pp. 495-503).
Fachrudi, D.S., Marsidi, M., & Agustin, I. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga di SDN Sukorejo 6. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 41-48.
Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., Supriadi, Y. N., Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240–248. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.51914
Fres. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Hartati, S. (2023). Pembelajaran Partisipatif Dengan Metode Game Pada Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Lampung Tengah. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 110–122. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/2687/1542%0Ahttp://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/2687
Hidayani, H., Supriadi, S., Rusani, I., Anwar, Z., & Budiarti, M. I. E. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar Negeri 5 Pulau Raam. Abdimas: Papua Journal Of Community Service, 3(2), 7-11.
Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. 602–610.
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
Muhamad, T., & Anugrah, F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Sds Abc Jakarta Utara ). Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3, 38–47.
Mulyono, M., Trisnawati, N., Komayanti, K., & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemic-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27-37.
Musa’ad, F., Musa’ad, F., Mahendra, F. E., & Selayar, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF EDUSTORE LEARNING MEDIA BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TO INCREASE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 63–70. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3073
Pemu, N. (2023). DESKRIPSI KESEMPATAN BELAJAR LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII TINGKAT SMP: DESCRIPTION OF OPPORTUNITIES TO LEARN MATHEMATICAL LITERACY FOR CLASS VIII JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL STUDENTS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–10. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2862
Pihar, A. (2022). Modernization of Islamic Religious Education in the Era of Society 5.0. Journey-Liasion Academia and Society, 1(1), 1–12. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS
Pustaka, K. (2019). Kemampuan Literasi. Αγαη, 8(5), 55.
Rusani, I., Hidayani, H., Supriadi, S., & Anwar, Z. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN MATAWOLOT: PENDAMPINGAN BELAJAR BERHITUNG SISWA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN MATAWOLOT. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 4(2), 58-60.
Sds, D. I., Alam, I. T., Asahan, K., & Utara, P. S. (2022). PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 MENGAPLIKASIKAN PROGRAM CALISTUNG & MENERAPKAN Disusun Oleh : SRI RAHAYU LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN AKHIR.
Setyo, A. A., Layn, M. R., Trisnawati, N. F., Sundari, S., Heriyanti, H., & Lestari, B. A. (2023). Strengthening Literacy Read Write Count (Sicalistung) For Children of Yeflio Tourism Village. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 3727-3734.
Silalahi, S., Arsyad, R. B., Hidayani, H., Kahar, M. S., & Fathurrahman, M. (2022). Analisis Kesulitan Sisa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 371-379.
Sri Hartatik. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Sundari, S. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan savi pada siswa kelas VB SDIT al-Izzah Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 44-51.
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2019). Pendampingan Belajar Anak Usia Sekolah di Kelurahan Makbusun. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 1(1), 55-60.
Yustitia, V., Rakhmah, Y. N. I., Astuti, I. P., & Untari, E. (2024). Ular Tangga Numerasi: Inovasi Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 32-43. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.542