UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP 5 MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 7

Penulis

  • Faisal Eka Mahendra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hasanudin Hasanudin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Marco Filip Reawaruw SMP Negeri 5 Kota Sorong
  • Nailul Muna Rahmadhani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rya Andini Universitas Muhammadiyah Sorong

Kata Kunci:

KampusMengajar, Percaya Diri, MBKM, Membaca

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kepercayaan diri siswa melalui program "Membaca Nyaring" sebagai bagian dari inisiatif Kampus Mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studikepustakaan dan observasi langsung di SMP Negeri 5 Kota Sorong. Observasi awal menunjukkan bahwa minat baca siswa kelas 8 sangat rendah, sebagaimana tercermin dari rendahnya tingkat kunjungan keperpustakaan sekolah. Program Membaca Nyaring dilakukan secara berkelompok, dimana siswa membaca buku non-pelajaran dengan suara keras dan intonasi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dua minggu pelaksanaan program, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca dengan jelas dan keras, kemampuan memahami kata-kata sulit, serta kemampuan berbicara di depan umum. Selain itu, kepercayaan diri siswa dalam mengungkapkan pendapat dan berbicara di depanumum juga meningkat.Kesimpulannya, program Membaca Nyaring efektif dalam meningkatkan minat baca dan kepercayaan diri siswa. Program ini mendukung tujuan pendidikan nasional dengan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan keadilan sosial melalui pendidikan yang merata dan terintegrasi. Program Kampus Mengajar, sebagai bagian dari Merdeka Belajar, memainkan peranpenting dalam membantu proses belajar mengajar di sekolah dan meningkatkan kompetensi peserta didik.

Referensi

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Aziz, A., & Basry. (2017). HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN SISWA SMP N 2 PANGKALAN SUSU. 1(1), 15–29.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.

Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (n.d.). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara. 34–46.

Fathurrahman, M., Arsyad, R. B., Setyo, A. A., Kahar, M. S., Anwar, Z., Mulyono, M., ... & Mursalin, M. (2019, September). Profile of Moodle Based Evaluation Media on Mathematics Learning at SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. In Proceedings of the 1st Workshop on Multidisciplinary and Its Applications Part 1, WMA-01 2018, 19-20 January 2018, Aceh, Indonesia.

Feriyanto, F. (2022). Strategi penguatan literasi numerasi matematika bagi peserta didik pada kurikulum merdeka belajar. Jurnal Gammath, September, 86, 94.

Fitriah, A. (2013). DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA DI KELAS II SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. 1(1).

Hasan, A. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SDN Salunggadue. 5(4), 246–257.

Kameubun, B., Mahendra, F. E., Supriadi, & Al-Lahmadi, N. (2023). PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: THE INFLUENCE OF STUDENTS’ ANXIETY LEVELS ON MATHEMATIC PROBLEM SOLVING ABILITY. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–49. Retrieved from https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2480

Lamis, L., & Sutra, E. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Program Kampus Mengajar Angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara Menggunakan Metode Membaca Nyaring ( Reading Aloud ) Increasing the Reading Interest of Class V Students of the Class III Teaching Campus Program at SD Negeri 118 Bengkulu Utara Using the Reading Aloud Method. 1(5), 299–310.

Lestari, badiana adil, Soamole, D. F., Rahmatia, Fathurrahman, M., & Syahira. (2023). Analisis Masalah dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong Ditinjau dari Persepsi Siswa. LIMIT : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 46–53. https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.1872

Musaad, F., Trisnawati, N. F., Rusani, I., Sundari, S., & Setyo, A. A. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 12(2), 218-225.

Pemu, N. (2023). DESKRIPSI KESEMPATAN BELAJAR LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII TINGKAT SMP: DESCRIPTION OF OPPORTUNITIES TO LEARN MATHEMATICAL LITERACY FOR CLASS VIII JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL STUDENTS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–10. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2862

Rahayuningsih, S., Latiana, L., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2022). Model Pelibatan Orang Tua dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak. 6(5), 4901–4909. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2685

Rais, M. R. (2022). Jurnal pendidikan dan. 12(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v12i1.

Rizal, Y., Deovani, M., & Andini, A. S. (2022). KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. 9(1), 46–57.

Rusani, I., Supriadi, S., Hidayani, H., & Anwar, Z. (2021). Analisis berpikir kritis matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya. Jurnal Koulutus, 4(2), 164-181.

Setiani, A. Y. U., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2019). NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 84 KOTA BENGKULU.

Setyo, A. A., Layn, M. R., Trisnawati, N. F., Sundari, S., Heriyanti, H., & Lestari, B. A. (2023). Strengthening Literacy Read Write Count (Sicalistung) For Children of Yeflio Tourism Village. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 3727-3734.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra untuk Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA (Vol. 1). YAYASAN BARCODE.

Sofyan, A., Mahendra, F. E., Istiqomah, A., Haryati, G., Ode, R., Uluelang, K., Keguruan, F., Sorong, U. M., Keguruan, F., Toli-toli, U. M., Keguruan, F., Maumere, U. M., & Keguruan, F. (2023). Pemanfaatan Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Pada SD YPK Kharisma Kanaan Kota Sorong solusi terkait permasalahan yang ada . Dengan mendapatkan suatu ide atau gaya belajar yang. 1(6).

Tarisah, Hilyana, F. shoufika, & Fardani, M. A. (2022). IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENANAMKAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. 08.

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Mahendra, F. E., Hasanudin, H., Reawaruw, M. F., Rahmadhani, N. M., & Andini, R. (2024). UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP 5 MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 7. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 55–65. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3382