ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA: KASUS TOPIK PERSAMAAN GARIS LURUS

Penulis

  • Nasrullah Pemu Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Analysis, Problem Solving Ability, Self-Confidence

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keterkaitan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang dialami siswa untuk materi persamaan garis lurus. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif dimana subjek yang dilibatkan adalah siswa SMPN 7 Barru sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket, soal matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tingkat kepercayaan diri kategori tinggi menunjukkan pemenuhan kriteria lebih menyeluruh dibandingkan subjek lainnya. Bahkan subjek yang tergolong tingkat kepercayaan diri sedang dan rendah masih lebih banyak yang kurang untuk memenuhi aspek yang ditinjau dalam penelusuran ini. Hal yang dapat dibandingkan ketiga subjek tersebut, mereka dapat mengidentifikasi informasi yang diberikan dengan kemampuan yang sama baiknya. Namun kemampuan untuk menentukan konsep yang digunakan, subjek dengan dengan tingkat kepercayaan diri kategori sedang tidak sama baiknya dengan kedua subjek lainnya. Begitu pula untuk subjek dengan tingkat kepercayaan diri kategori rendah, dalam menentukan keterkaitan dengan mata pelajaran lainnya dan keyakinan terhadap jawaban yang ia berikan tidak lebih baik dibandingkan dengan kedua subjek lainnya.

Referensi

Anita Dian Pratiwi, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati, & Susilo Raharjo. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Carroll, J. (1963). A model of school learning. Teachers College Record, 64(8), 723.

Dassa, A., Nasrullah, & Hasniati. (2021). Analysis of Mathematics Communication Skill of Students Grade IX in Quadratic Equation based on their Mathematics Ability. In ARRUS Journal of Mathematics and Applied Science (Vol. 1, Issue 2, pp. 101–109). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://doi.org/10.35877/mathscience640

Dingwall, J. (2000). Improving Numeracy In Canada. National Literacy Secretariat.

Elliott, S. N., & Bartlett, B. J. (2021). Opportunity to Learn Opportunity to Learn The Concept of Opportunity to Learn : Its Con ­. August, 1–14. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199935291.013.70

Elliott, S. N., Roach, A. T., & Kurz, A. (2014). Evaluating and advancing the effective teaching of special educators with a dynamic instructional practices portfolio. Assessment for Effective Intervention, 39(2), 83–98. https://doi.org/10.1177/1534508413511491

Freedberg, S., Bondie, R., Zusho, A., & Allison, C. (2019). Challenging students with high abilities in inclusive math and science classrooms. High Ability Studies, 30(1–2), 237–254. https://doi.org/10.1080/13598139.2019.1568185

Husén, T. (1967). INTERNATIONAL STUDY OF ACHIEVEMENT IN MATHEMATICS, A COMPARISON OF TWELVE COUNTRIES, VOLUME II.

Isyrofinnisak, F., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). Mathematics creativity skill of student in junior high school based on students thinking style. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, Issue 1, p. 12068). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012068

Kameubun, B., Mahendra, F. E., Supriadi, & Al-Lahmadi, N. (2023). PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: THE INFLUENCE OF STUDENTS’ ANXIETY LEVELS ON MATHEMATIC PROBLEM SOLVING ABILITY. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–49. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2480

Klenowski, V., & Wyatt-Smith, C. (2012). The impact of high stakes testing: The Australian story. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 19(1), 65–79. https://doi.org/10.1080/0969594X.2011.592972

Lange, J. De. (1995). Assessment: No change without problems. … in School Mathematics and Authentic Assessment, 1–28.

Layn, M. R., Arsyad, R. B., Mulyono, Sira’a, Y., & Kadtabalubun, C. (2023). ANALISIS KESALAHAN MENYELASAIKAN SOAL STATISTIKA DAN PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG: ERROR ANALYSIS SOLVING STATISTICAL AND DATA PROCESSING PROBLEMS REVIEWED FROM THE ABILITIES OF MUHAMMADIYAH SORONG UNIVERSITY STUDENTS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 43–53. Retrieved from https://www.ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3068

Mulbar, U., & Nasrullah. (2022). Exploration of Students ’ Mathematical Literacy Based on Opportunity to Learn Through Context-Based Questions. ICSAT International Proceeding, 11(4), 476–485.

Nasrullah. (2015). Teachers’ Creativity in Posing Problems of Mathematics Using Traditional Games as Learning Context. International Conference on Education and Technology, 8.

Nasrullah, & Baharman. (2016). Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. 662–666.

Nasrullah, N., & Bachtiar, M. Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Nasrullah, Suradi, & Hamda. (2021). Study of Clarification Android Based Worksheet of Topic Cartesian Coordinate at Level Junior Secondary. Journal of Physics: Conference Series, 1752. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1752

Nasrullah, Upu, H., & Syahrullah. (2017). MODEL PEMBELAJARAN STTP BAGI MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS eXeLearning. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 112–120.

OECD. (2019). PISA 2021 creative thinking framework. Oecd, 53(9), 1689–1699. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA-2021-creative-thinking-framework.pdf

Rowan, B. P., Correnti, R. J., Miller, R. J., & Camburn, E. M. (2012). School Improvement by Design: Lessons from a Study of Comprehensive School Reform Programs1. Handbook of Education Policy Research, November 2014, 637–651. https://doi.org/10.4324/9780203880968-55

Supriadi, S., Hidayani, H., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Langkah-langkah Polya di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers dan Tipe Quitters. AdMathEdu, 11(1), 73-86.

Trisnawati, N. F. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.

Yulita Sipahelut, A., Sarira, R. A., Umpes, Y., & Sundari. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving. LIMIT : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2937

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Pemu, N. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA: KASUS TOPIK PERSAMAAN GARIS LURUS. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 42–54. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/3348