Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Lentur (Flexible Pavement) Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Raya Wonotunggal – Bandar Kabupaten Batang

Authors

  • Mochamad Syaifudin
  • Tisnawati

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v3i02.3556

Keywords:

Kerusakan Jalan, Metode PCI, Penanganan Kerusakan

Abstract

Pada masa yang semakin maju ini memberikan desakan kepada pemerintah agar melakukan percepatan penyediaan dan perbaikan insfrastruktur transportasi dalam bentuk jalan yang baik, terutama pada ruas jalan Wonotunggal-Bandar Kabupaten Batang. Ruas jalan ini merupakan jalan utama untuk menghubungkan daerah Wonotunggal dan Bandar, sehingga keadaan yang rusak di jalan tersebut harus segera diperbaiki. Maka dari itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya volume dan tingkat kerusakan perkerasan serta cara penanganan kerusakan jalan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pavement Condition Index (PCI) agar dapat memberikan masukan terhadap dinas terkait. Dari hasil penelitian pada ruas jalan raya Wonotunggal – Bandar memiliki beberapa jenis kerusakan yaitu keriting, jembul, retak buaya, retak memanjang, rusak tepi, pengausan dan lubang dengan nilai PCI rata–rata 42,1 atau memiliki kondisi perkerasan lentur dengan hasil cukup (Fair). Penanganan untuk kerusakan perkerasan jalan ruas jakan raya Wonotunggal - Bandar adalah P1 (Penebaran Pasir), P2 (pelaburan Aspal Setempat), P3 (Melapisi keretakan), P4 (Pengisian sela Keretakan), P5 (Menambal Lubang Jalan).

References

American Association of State Highway and Transformation Officials (AASHTO). 1993. Guide for Design of Pavement Structure. Washington D.C, United States.

Christi, D. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Pada Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Penanganannya. Pekalongan: -. diakses pada tanggal 10 Maret 2023.

Dendi Alfi Wijaya, Faizul Chasanah. 2016. Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Untuk Menentukan Prioritas Penanganan Pada Jalan Solo – Yongyakarta KM 43,8 - 44,8 Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta : Direktorat Jendral Bina Marga.

Fakhrul Rozi Yamali, Elvira Handayani, Eben Ezer Sirait. 2020. Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode PCI (Pavement Condition Index). Jambi : Universitas Batanghari.

Hilman Yunardhi, M.Jazir Alkas, Heri Sutanto. 2018. Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Ruas Jalan D.I. Panjaitan). Samarinda : Universitas Mulawarman.

I Made Udiana, Andre R. Saudale, Jusuf J. S. Pah. 2014. Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W. J. Lalamentik Dan Ruas Jalan Gor Flobamoa). Kupang : Universitas Nusa Cendana.

Novia Agustina, Tisnawati. (2023). Analisa kerusakan jalan pada lapisan permukaan perkerasan lentur dengan menggunakan metode pavement condition index (Studi kasus jalan yos sudarso Kabupaten Pekalongan). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 2(02), 121–129. https://doi.org/10.33506/jimats.v2i02.2549.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Syaifudin, M., & Tisnawati. (2024). Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Lentur (Flexible Pavement) Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Raya Wonotunggal – Bandar Kabupaten Batang. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 3(02), 72–80. https://doi.org/10.33506/jimats.v3i02.3556