ANALISA KERUSAKAN JALAN PADAAPISANERMUKAAERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS JALAN YOS SUDARSO KABUPATEN PEKALONGAN)

Authors

  • Novia Agustina Universitas Pekalongan
  • Tisnawati Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v2i02.2549

Keywords:

Analisis Kerusakan, Perkerasan Lentur, Metode PCI, Strategi Penanganan Kerusakan

Abstract

Analisis kerusakan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan penilaian kondisi kerusakan jalan. Metode yang digunakan untuk menganalisa kerusakan pada penelitian ini yaitu dengan metode Pavement Condition Index (PCI), karena metode ini dianggap lebih efektif untuk menganalisis kondisi lapisan permukaan perkerasan lentur. Penelitian ini dilakukan pada Jalan Yos Sudarso Kabupaten Pekalongan, jalan ini merupakan jalan penghubung antara Kecamatan Wiradesa dan Kecamatan Wonokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kerusakan jalan pada Jalan Yos Sudarso Kabupaten Pekalongan dan juga penanganannya, hal ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam menentukan startegi penanganan kerusakan yang tepat. Berdasarkan hasil analisa kerusakan permukaan jalan pada ruas Jalan Yos Sudarso, kerusakan yang terjadi antara lain kerusakan mengembang, retak buaya, retak blok, retak memanjang, rusak tepi atau penurunan tepi, tambalan, dan pelepasan butiran pada permukaan jalan dengan tingkatan kerusakan yang berbeda-beda yaitu rendah, menengah, maupun tinggi, sehingga menyebakan permukaan jalan berlubang. Dari analisa jenis dan luas kerusakan yang terjadi, kondisi lapisan permukaan perkerasan lentur yang dihitung dengan metode PCI pada Jalan Yos Sudarso termasuk dalam kondisi jelek (poor) dengan nilai PCI 39 dan strategi penanganan yang digunakan antara lain pelapasan retakan, pengisian retakan, penambalan lubang, dan perataan jalan.

References

Admindpu. (0000, 00 00). Jenis Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur (Bagian Kedua). Retrieved from DPU Kabupaten Kulon Progo: https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/61/jenis-kerusakan-jalan-pada-perkerasan-lentur-bagian-Kedua

Bot, A. (2023, Februari 2). Analisis. Dari Wikipedia: https://id.m.wikipedia.org/wiki/analisis#:-:text=Anallisis%20adalah%20mengamati%20akttivitas%20objek,dikaji%20atau%20dipelajari%20secara%20detail.

Christi, D. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Pada Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Penanganannya. Pekalongan: -.

Darmawan, A. P., & Widiyanti, A. (2010). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Beserta Metode Perbaikan Pada Konstruksi Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Peterongan-Jogoroto,Kabupaten Jombang). UNESA, 1-11.

Manguande, J., Manopo, M. R., & Sendow, T. K. (2020). Analisis Perbandingan Desain Overlay Perkerasan Lentr Dengan Metode Bina Marga 2017 Menggunakan Data Lendutan BB Dan AASHTO 1993 Menggunakan Data Lendutan FWD (Studi Kasus : Ruas Jalan Airmadidi-Kairagi). Jurnal Sipil Statik, 23-32.

Martin. (0000, 00 00). Jenis Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur. Dari DPU Kabupaten Kulon Progo: https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/61/jenis-kerusakan-jalan-pada-perkerasan-lentur.

Prastowo, A. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rinaldi, N., Lestari, F., & Paramita, G. (2022). Identifikasi Kerusakan Jalan dan Alternatif Perbaikan Jalan Pada Ruas Jalan Tegineneng-Gunung Sugih Lampung. Jurnal Teknik Sains, 9-16.

Santosa, R., Sujatmiko, B., & Krisna, F. A. (2021). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI dan Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kapas Kabupaten Bononegoro). Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 104-111. diakses pada tanggal 11 Maret 2023.

Shanin. (2011, Oktober 26). Metode PCI. Retrieved from Scribd: https://www.scribd.com./doc/70312979

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Agustina, N., & Tisnawati. (2023). ANALISA KERUSAKAN JALAN PADAAPISANERMUKAAERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS JALAN YOS SUDARSO KABUPATEN PEKALONGAN). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 2(02), 121–129. https://doi.org/10.33506/jimats.v2i02.2549