Pengaruh Kapasitas Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Kaku

Authors

  • Oktaria margaretha Robi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Dwi Gontoro Sukowati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faried Desembardi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v1i1.1836

Keywords:

Perkerasan, Kaku, Kerusakan, Kapasitas, Bina Marga, VDF

Abstract

Jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas serta kendaraan yang berkapasitas berat akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan. Yang mana jika kondisi jalan menurun maka jalan tidak lagi dapat memberikan rasa aman bagi pengguna prasana jalan. Pada ruas jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d 36+050 Kabupaten Sorong, Papua Barat, mengalami penurunan kualitas jalan yang mengakibatkan kerusakan jalan. Dari kerusakan jalan tersebut Tujuan di lakukan analisis nilai muatan sumbu terberat (MST) dan nilai vehicle damage factor (VDF) untuk menentukan seberapa besar daya rusak jalan yang dilalui kendaraan berkapasitas berat. Nilai vehicle damage factor (VDF) berdasar pada Manual Perkerasan Jalan dengan alat Benkelman beam No. 01/MN/BM/83 dan kendaraan golongan 6 memiliki nilai tertinggi Equivalent Single Axle Load (ESAL) yaitu 12412.1162. Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan menggunakan metode Bina Marga, Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 5 jenis kerusakan yang terjadi di ruas Jalan Sorong Klamono Km.35+800 – Km.36+050 yaitu pelepasan butir, retak acak, retak melintang, retak memanjang, dan amblas. Nilai Kondisi kerusakan yang terdapat pada ruas Jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d Km.36+050 yaitu 8 dengan urutan prioritas 4 yang menandakan bahwa ruas jalan Sorong-Klamono Km.35+800 s/d Km.36+050 harus dimasukkan dalam program pemeliharaan berkala

References

Arfie, Zahra. 2021. Skripsi : Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Kaku (Rigid) Di Kota Tangerang. (Studi Kasus: Kota Tanggerang).

Arifin, Zainal. 2010. Pengaruh beban muatan angkutan kendaraan berlebih kendaraan truk terhadap perkiraan umur layan perkerasan. Depok: Universitas Indonesia.

Departemen Pekerjaan Umum. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta

Fadhilah, N. 2013. Skripsi : Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Rigid Di Kota Semarang. (Studi Kasus : Kota Semarang)

Hardiyatmo, C. H. 2015. Jenis Kerusakan Jalan. Yogyakarta: Beta Offset.

Nugroho, Aditya. 2012. Skripsi : Analisis pengaruh kecepatan kendaraan terhadap umur rencana jalan dengan menggunakan metode analitis (Studi Kasus : Ruas Jalan Rembang Bulu).

Nugroho, E. A. 2013. Pengaruh jumlah kendaraan terhadap kerusakan jalan aspal.kelas ii di kabupaten semarang. Semarang: Universitas Semarang.

Sangaji, Sujud. 2019. Skripsi : Pengaruh Beban Berlebih Kendaraan Terhadap Kerusakan Pada Perkerasan Rigid Pavement Di Jalan Cemara. (Studi Kasus : Jalan Cemara)

Suryawan Ari. 2009, Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement), Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta

Susanto, Muhammad. 2016. Identifikasi jenis kerusakan pada perkerasan kaku. Lampung: Universitas Lampung.

Departemen Perhubungan. 2008. Panduan Batasan Maksimum Perhitungan JBI (Jumlah Berat yang diizinkan) dan JBKI (Jumlah Berat Kombinasi yang diizinkan) Untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kereta Penarik berikut Kereta Tempelan/Gandengan. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta

Direktorat Jenderal Bina Marga 1983. Manual Pemeliharaan Jalan, No.03/MN/B/1983. Badan Penerbit Pekerjaan Umum

Direktorat Jendral Bina Marga, 1990. Panduan Penentuan Klasifikasi Fungsi Jalan Di Wilayah Perkotaan

Departemen Pekerjaan Umum 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tentang Jalan. Jakarta

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Robi, O. margaretha, Dwi Gontoro Sukowati, & Faried Desembardi. (2022). Pengaruh Kapasitas Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Kaku. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 1(1), 19–23. https://doi.org/10.33506/jimats.v1i1.1836