Pengaruh Temperatur Pada Campuran Aspal AC-WC Dengan Parameter Marshall-Test

Authors

  • Syafitri Salsabilla Anggraini Irwansyah Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faried Desembardi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Dwi Guntoro Sukowati Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v1i1.1837

Keywords:

Temperatur, aspal, AC-WC, Bina Marga, Marshall

Abstract

Jalan merupakan prasarana infrastruktur dasar yang dibutuhkan manusia untuk dapat melakukan pergerakan dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam hal pemenuhan kebutuhan. Kerusakan jalan dapat terjadi akibat proses pemadatan campuran aspal yang dilakukan dilapangan tidak pada temperature yang tepat karena terjadinya perubahan suhu, hal ini kerap terjadi pada saat proses pengangkutan campuran dari Asphalt Mixing Plant (AMP) ke lokasi penghamparan dan juga faktor cuaca. Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperature pada campuran Aphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dengan parameter marshall dengan acuan pada spesifikasi Bina Marga 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan pengujian Laboratorium yang mencakup pengujian Gradasi, Abrasi, Berat Jenis, Marshall, Ekstraksi. Berdasarkan hasil pengujian nilai kadar aspal optimum yang digunakan yaitu kadar aspal 5,9%, setelah itu dilakukan pemadatan dengan suhu 150°C. Dari hasil pengujian marshall di laboratorium didapat nilai stabilitas yang diperoleh pada kadar aspal optimum tersebut adalah pada suhu 150°C sebesar 1,060 kg, nilai VMA sebesar 15,6%, nilai VIM sebesar 4%, nilai VFA sebesar 71,5%, nilai flow sebesar 3 mm dan nilai MQ sebesar 380,0 kg/mm.

References

Pemadatan Terhadap Nilai Stabilitas Marshall Pada Laston (Ac-Wc). (Studi Kasus : Lampung)

Departemen Pekerjaan Umum. 2018. Dokumen Pelelangan Nasional Pekerjaan Jasa Pelaksanaan Konstruksi, Spesifikasi Umum 2018 Perkerasan Aspal. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum. 1991. Metode pengujian Campuran Aspal dengan Alat Marshall, SNI 06-2489-1991. Badan Penelitian dan Pengembangan PU.

Sarkis Enda Raya, Priyo Pratomo, Dwi Herianto, 2015. Jurnal : Variasi Temperatur Pencampuran Terhadap Parameter Marshall pada Campuran Lapis Aspal Beton (Studi Kasus : Kota Lampung)

Sukirman, 2003. Book : Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta

Suhendra,Darta 2015. Skripsi : Pengaruh Variasi Temperatur Terhadap Campuan Aspal Hotmix (Studi Kasus : Bandar Lampung)

Tarigan,Gunawan 2018. Jurnal : Pengaruh Temperatur Pemadatan Terhadap Marshall Properties (Studi Kasus : Kota Sumatra Utara)

Wahyudi, Priyo Pratomo, Hadi Ali, 2015. Jurnal : Pengaruh suhu Pemadatan Terhadap Parameter Marshall untuk Campuran AC – WC gradasi halus batas tengah (Studi Kasus : Bandar Lampung)

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Irwansyah, S. S. A., Faried Desembardi, & Dwi Guntoro Sukowati. (2022). Pengaruh Temperatur Pada Campuran Aspal AC-WC Dengan Parameter Marshall-Test. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 1(1), 13–18. https://doi.org/10.33506/jimats.v1i1.1837