Analisis Kinerja Dermaga Terhadap Pertumbuhan Pengguna Jasa Transportasi Laut Di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong

Authors

  • Eka Syaputra Albasri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Rusmin
  • Marina Abriani Butudoka Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v1i1.1863

Keywords:

Kinerja, Dermaga, Transportasi, Laut, Pelabuhan, BOR

Abstract

Transportasi laut merupakan salah satu bagian dari system transportasi nasional yang merupakan   titik pergerakan barang atau penumpang. Saat ini aktifitas arus kunjungan kapal dan arus muat mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan di Kota Sorong yang semakin meningkat serta pengembangan di segala aspek tidak terkecuali pelabuhan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kapasitas eksisting dermaga dan meprediksi kinerja dermaga pada jangka menengah (5 tahun mendatang) dan jangka panjang (10 tahun mendatang) serta melihat apakah dermaga butuh pengembangan untuk jangka menengah dan jangka panjang menggunakan metode regresi linier hasil analisa didapat proyeksi arus muat barang, Penumpang dan kunjungan kapal, serta mengacu pada peraturan UNCTAD. Dermaga Pelabuhan Rakyat Kota Sorong terdiri dari 2 dermaga yaitu panjang dermaga 1 adalah 95 meter dan panjang dermaga 2 adalah 50 meter   dengan lebar kedua dermaga itu    yaitu 8 meter.    Hasil analisa menunjukan bahwa kinerja eksisting dermaga dengan nilai BOR sebesar 64,5% sudah melebihi batas maksimum nilai BOR dari UNCTAD yaitu 50% untuk 2 tambatan, Namun untuk kapasitas tambat dermaga untuk dermaga 1 dengan ukuran kapal   terbesar   masih mampu menampung kapal tersebut sedangkan untuk dermaga 2 sudah tidak mampu menampung dengan ukuran kapal terbesar. Hasil analisa kinerja dermaga untuk jangka menengah di tahun 2025 nilai BOR sebesar 69,7% dan jangka panjang di tahun 2030 nilai BOR sebesar 71,6% nilai ini melebihi dari rekomendasi UNCTAD yaitu 50% untuk 2 tambatan. sehingga butuh pengembangan di  dermaga agar kinerja dermaga  bisa lebih optimal.

References

Abriani Butudoka, Marina (2007). Desain Pengembangan Dermaga Pelabuhan Dede Tolitoli Sulawesi Tengah.

Eka Saputra Fabanyo, Surya (2021). Kajian Pengembangan Luasan Dermaga dan Analisa

Fasilitas Dermaga Peti Kemas Pelabuhan Sorong.

Gilbert Paul Tehupuring, Nicholas Retraubun, Maya Felice Telussa (2019). Analisis Efektifitas Kinerja Dermaga Haria Kecamatan Saparua – Kabupaten Maluku Tengah, Jurnal Manumata Vol.5, No. 2.

Jembris Sagisolo, Theo K. Sendow, J. Longdong, Mecky R. E. Manopo (2014). Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Pelabuhan Sorong, Jurnal Sipil Statik Vol.2 No.1.

Kadek Ariserna Wikarma, I W. Suweda, I G. Putu Suparsa (2016). Analisis Kinerja dan Pengembangan Pelabuhan Laut di Bali, Jurnal Spektran Vol. 4, No. 1.

Muhammad Adam, Puji Wiranto, Arif Mudianto (2017). Pengaruh Peningkatan Kinerja Dermaga Terhadap Pertumbuhan Pengguna Jasa Transportasi Laut di Pelabuhan Merak Banten.

Novenza, Stenley (2019). Analisis Kinerja Pelayanan Kapal Penumpang Di Dermaga I Pelabuhan Merak.

Silambi, Ryan (2015). Evaluasi Kapasitas Dermaga Pelabuhan Rakyat Kota Sorong, Perpustakaan Teknik Universitas Muhammadiya Sorong.

Triatmodjo, Bambang (2009). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta : Beta Offset Yogyakarta.

Teuku M. Fachrurrazi, Ir. Nyoman B., & I Nyoman K. M. (2013). Analisis Kinerja Dermaga Terhadap Pertumbuhan Pengguna Jasa Transportasi Laut Di Pelabuhan Padangbai – Bali, Jurnal Ilmiah

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Albasri, E. S., Muhammad Rusmin, & Marina Abriani Butudoka. (2022). Analisis Kinerja Dermaga Terhadap Pertumbuhan Pengguna Jasa Transportasi Laut Di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 1(1), 24–28. https://doi.org/10.33506/jimats.v1i1.1863

Issue

Section

Articles