Analisa Kinerja Simpang Tiga Bersinyal Dengan Menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997
DOI:
https://doi.org/10.33506/jimats.v2i01.2217Keywords:
simpang bersinyal, arus lalu lintas, derajat kejenuhan, tundaanAbstract
Kota Sorong memiliki luas wilayah 1.105 km², Dari BPS Tahun 2019 penduduk kota sorong berjumlah sebanyak 254.294 jiwa, Laju pertumbuhan penduduk kota sorong pertahun sebesar 3,21 persen. Tujuan penelitian yaitu Mengetahui Kinerja dari simpang tiga bersinyal dalam kondisi eksisting dan Mengetahui Kinerja Simpang Tiga Bersinyal terhadap volume pergerakan lalulintas pada 5 tahun mendatang. Dalam penelitian ini, digunakan metode yang diakui diindonesia yaitu Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil analisa kinerja simpang tiga bersinyal metode (MKJI) 1997 kondisi eksisting operasional simpang menunjukan nilai DS < 0,85 yaitu sebesar 0,74 Yang berarti bahwa kondisi simpang ini dalam keadaan cukup baik, Derajat Kejenuhan Diisyaratkan adalah kurang dari 0,85 (DS ≤ 0,85), Dengan tundaan 14,42 det/smp, Sehingga didapat tingkat pelayanan simpang bernilai B (Baik).Proyeksi pertumbuhan kendaraan melebihi dari standar dengan asumsi derajat kejenuhan, Dari hasil analisa kemampuan simpang pada 5 tahun mendatang Derajat kejenuhan (DS) pada 2 tahun pertama pada tahun 2021 nilai DS sebesar 0,78, Dan pada tahun 2022 nilai DS sebesar 0,82, Namun pada 3 tahun terakhir nilai derajat kejenuhan (DS) telah melebihi persyaratan yang berpedoman pada MKJI 1997 yaitu pada tahun 2023 nilai DS sebesar 0,86 dan tahun 2024 nilai DS sebesar 0,90 serta pada tahun 2025 nilai DS sebesar 0,95.
References
Alamsyah.(2008).Rekayasa Lalu Lintas.Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Muhammad Rusmin (2018) Analisis Kinerja Di Simpang Empat Tak Sebidang Kota Sorong
Anjarwati,S.(2014). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Dukuh Waluh Purwokerto (Studi Kasus : Jalan Sunan Bonang – Jalan Raya UMP – Jalan Raya Raden Patah – Jalan Raya Senopati). Purwokerto.
Bowersox,C.(1981).Introduction to Transportation. New York : Macmillan Publishing Co,Inc.
Buono P. T. (2017). Analisa Kinerja Simpang Bersinyal Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997”. (Studi Kasus : Simpang Lengkong Jl. Tentara Pelajar Kab. Purworejo). Purwokerto.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.(1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).Jakarta.
D.,Hobbs F.(1995).Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Ibrahim, M. I. T., Meliana, Saifannur (2015). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Berlengan Empat. Banda Aceh.
Jitmau,D.A.(2015).Studi Analisa Kinerja Lampu Lalu Lintas pada Simpang Tiga Bersinyal di Jalan Basuki Rahmat KM.10 Kota Sorong (Studi Kasus : Jalan Basuki Rahmat-Jalan Sungai Maruni).Sorong.
Morlok.(1978).Introduction to Transportation Engineering Planning.Mc Graw-Hillkogakuha.
Morlok.(1991).Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi.Jakarta : Erlangga.
Muslim,M.R.(2018).Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Jalan Haji Bau-Jalan Cendrawasih-Jalan Arif Rate di Makassar).Makassar.
Papacostas,C.S.(1987).Fundamentals of Transportation Engineering.New Jersey.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14.(2006).Manajemen Rekayasa Lalu Lintas.Jakarta.
Pignataro,L.J.(1973).Traffic Engineering : Theory and Practice, Prantice Hall int.,Englewood Cliffs,N.J.
Pradana F. (2016). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Ciruas Serang, Banten.
Pratama A. (2017). Analisis Kinerja Simpang Empat Bersinyal Apmd Di Jalan Timoho Yogyakarta Menggunakan Metode Mkji 1997. Yogyakarta.
Steenbrink,P.A.(1974).Transport Network Optimitation in the Dutch Integral Transportation Study (1ed.,vol.8).Dutch : Elsevier LTD.
Muhammad Rusmin (2019) Analisa Kapasitas Dan Kinerja Persimpangan Tak Bersinyal RA Kartini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heru Asianto, Muhammad Rusmin, Slamet Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.