Analisis Kemampuan Lahan dan Kesuburan Tanah Pada Lahan Perencanaan Kebun Percobaan Universitas Muhammadiyah Sorong di Kelurahan Sawagumu Kecamatan Malaimsimsa

Authors

  • Nurul Fajeriana M Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ranti Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v12i3.1130

Keywords:

Kebun_percobaan, UM-Sorong, kemampuan_lahan

Abstract

  Kebun percobaan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam kegiatan akademik pada Universitas Muhammadiyah Sorong. Tidak hanya peruntukannya untuk dosen tetapi juga untuk mahasiswa dalam melakukan praktikum, penelitian, pengkajian maupun pengembangan pertanian yang ada. Kebun percobaan pada fungsinya harus mendukung segala bentuk aktifitas dalam bidang akademik, terkhusus dalam ilmu pertanian. Dalam hal ini karakteristik lahan dan juga status hara sangat penting untuk dikaji sehingga diperoleh kebijakan dalam arah pemanfaatan lahan. Penelitian ini dilakukan selama 7 bulan yang berlangsung dari bulan April hingga Oktober 2020 dengan metode survey dan pengambil sampel tanah secara Simple Random Sampling di lahan perencanaan Kebun Percobaan Universitas Muhamadiyah Sorong di Jl. Arteri Kelurahan Malaingkeidi, Kecamatan Sawagumu Kota Sorong dan olah data kesuburan tanah berdasarkan analisis kimia tanah dari Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah, Departemen Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin. Dari hasil status hara memiliki unsur hara untuk pertumbuhan tanaman sangat rendah hingga sedang. Dan untuk Kelas Kemampuan Lahan masuk dalam kelas V dengan faktor pembatas genangan, iklim dan darinase tanah. Oleh karena itu diberikan rekomendasi perbaikan yakni dengan pembajakan dan perataan tanah, pembuatan gundukan atau bedengan serta penutupan tanah dengan bahan organik. Hal ini dimaksudkan agar dapat memaksimalkan penggunaan lahan untuk peruntukan pertanian yang lestari.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fajeriana, N. 2018. Evaluasi Kesesuaiaan Lahan Untuk Komoditas Pertanian di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Median: Jurnal Ilmu-Imu Eksakta UMS, 10(1):9-17.

Fajeriana N. & Kadir, M.A.A (2020). Mapping of Conservation Area Plan in North PolomBangkeng District, Takalar Regency, BioLink: Jurnal Biologi Lingkungan, Industri dan Kesehatan, Vol.7 (1): Hal. 97-105

Hardjowigeno, S dan Widiatmaka. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Liansari Tyas Okta Nita. 2012. Kelas kemampuan Lahan Pertanian Pasca Erupsi Merapi 2010 Di Dusun karanggeneng Purwobinangun Pakem Sleman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Prabowo Rossi dan Renan Subantoro. 2017. Analisis Tanah Sebagai Indikator Tingkat Kesuburan Lahan Budidaya Pertanian Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta. Vol.2, No.2 E-ISSN: 2548-2122. LP2M Universitas Wahid Hasyim.

Rayes, M.L. 2007. Metode Inventarisasi Sumber Daya Lahan. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Sitorus RPS. (2010). Land Capability Classification for Land Evaluation: Review. Journal of Agriculture Land Resource, 4(2), 69-78.

Sutedjo, M.M. (2002). Pupuk dan Cara Penggunaan. Rineka Cipta, Jakarta.

Tolaka, W.2013. Sifat Fisik Tanah pada Hutan Primer, Agroforestri, dan Kebun Kakao di Subdas Wera Saluopa, Desa Leboni, Kecamatan Pamona, Peselemba Kabupaten Poso. Jurusan Kehutanan. Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako. Warta Rimba Vol.1, No.1.

Wdyantari Dyah A.G., Ketut Darma Susila, dan Tatik Kusumawati. 2015. Evaluasi Status Kesuburan Tanah untuk Lahan Pertanian di Kecamatan Denpasar Timur. E-Jurnal Agroteknologi Tropika.Vol. 4, No.4, ISSN: 2301-6515. Penerbit: Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Riau.

Yamani, A. 2010. Analisis Kadar Hara Makro dalam Tanah pada Tanaman Agroforestri di Desa Tambun Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Hutan Tropis, 11 (30): 37-46.

Downloads

Published

2020-12-09

How to Cite

Fajeriana M, N., & Wijaya, R. (2020). Analisis Kemampuan Lahan dan Kesuburan Tanah Pada Lahan Perencanaan Kebun Percobaan Universitas Muhammadiyah Sorong di Kelurahan Sawagumu Kecamatan Malaimsimsa. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 12(3), 122–130. https://doi.org/10.33506/md.v12i3.1130