Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan

Authors

  • Syamsul Alam Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Japar Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Nur Ashar Asnur Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.389

Keywords:

instrument tes, sekolah dasar, pengembangan instrumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal yang valid dan praktis sesuai dengan konsep Taksonomi Bloom. Penelitian ini meurpakan penelitian pengembangan instrumen yang terdiri dari tujuh langkah (1) menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal tes (3) menelaah soal tes (4) memperbaiki tes (5) melakukan uji coba tes (6) menganalisis butir soal tes (7) menafsirkan hasil tes. Uji coba instrumen dilakukan di SD Negeri Pajambon Kabupaten Kuningan, pemilihan subjek coba dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Pajambon Kabupaten Kuningan sebanyak 20 siswa. Pengujian kualitas instrumen menggunakan bantuan software excel. Validitas isi instrumen diperoleh dari penilaian pakar dengan menggunakan lembar validasi. Reliabilitas tes dianalisis menggunakan persamaan Flanagan. Haisl penelitian ini adalah instrumen tes yang dikembangkan memenuhi keriteria yang baik adalah dari hasil analisis tersebut diperoleh bahwa semua soal pilihan ganda valid dengan nilai sebesar 0,81 dan soal uraian valid dengan nilai sebesar 2.04 yang berarti memiliki reliabilitas tinggi. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa soal yang dikembangkan valid secara kualitatif, valid secara kuantitatif dan memiliki kriteria reliabilitas yang tinggi.

References

Anastasi, Anne, dan Urbina, Susana. (1997). Psychological testing. Seventh edition. Upper saddle River, Nj: Prentice Hall Inc.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kusaeri, K. (2014). Acuan dan Teknik proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruqq Media.

Kusairi dan Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Thorndike, Robert L dan Hagen, Elizabeth P. (1977). Measurement and evaluation in psychology and education. 4th edition. New York: Jhon Wiley & Sons.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Pasal 1 tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

07/02/2019

How to Cite

Alam, S., Japar, M., & Asnur, M. N. A. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 59–68. https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.389

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)