KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD INTEGRASI TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Arie Anang Setyo Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v6i1.247

Keywords:

Koperatif Tipe STAD, Teori Belajar Van hiele, Geometri.

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi evektivitas Pembelajaran kooperatif tipe STAD integrasi teori belajar Van hiele pada materi geometri di kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan desain “One Group Pretest-postest Design†yang merupakan salah satu bentuk desain dari pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong yang berjumlah 120 orang yang tersebar dalam 3 kelas yaitu kelas VA, VB, dan VC. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu dengan mengundi ketiga kelas, dan yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas VA dengan jumlah siswa siswa adalah 37 orang. Intrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD integrasi teori belajar Van Hiele efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi geometri di kelas V SD Inpres 109 Perumnas Kota Sorong, dimana dapat dilihat pada rata-rata pretest yang hanya mencapai 10, 49 meningkat pada saat posttest menjadi 71, 30 dengan ketuntasan klasikal dari 0% menjadi 81, 08 % dan nilai Gain ternormalisasi n (N-gain) mencapai 0, 68 dengan kategori sedang.

References

Abdussakir.2010.Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele.Artikel dimuat dalam El-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Keagaman, Vol VII Nomor 2.

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Anderson,L.W, Krathwohl, D.R.2014. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan dari A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing : A Revision Of Blooms Taxonomy of Educational Objektives Abridged Edition , 1 st, Edition penerjemah Agung prihantoro. Yogyakarta Pustaka Belajar

Ardin. 2012. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif NHT dapat Menjadi Solusi dari Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 1 Kulisusu. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Arends, Richard,I.2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Edisi Tujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka belajar

Asmawati. 2010. Komparasi KEEFEKTIFAN Pembelajaran Matematika kooperatif tipe STAD dan tipe NHT dalam pembelajaran matriks pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Palangga Gowa. Tesis . tidak diterbitan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Dasna, I, Wayan.dkk. Materi Pokok Desain dan Model Pembelajaran Inovasi dan Interaktif, 1-9/MPDR5203/3sks.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

DePorter,dkk.2004. Quantum Teaching. Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas.diterjemahkan dari. Qantum Teaching : Orchestrating Student Succes: penerjemah Ary Nilandari.Bandung: Kaifa

Glower. David.2007. Buku Referensi Apa dan Bagaimana Matematika? A-Z. Volume 1-3.Bandung: Grafindo Media Pratama.

Gunarto,Dedi,Sugiono.2009.Matematika SD/MI Kelas V. Depdiknas: Jakarta

Hamalik, Oemar. 2012.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hambali, Julius, Dkk. 1992. Materi Pokok Pendidikan Matematika 1.Universitas Terbuka: Depdikbud-Jakarta

Hamiyah, Nur. 2011. Soal dan Pembahasan Olimpiade Tingkat Internasional untuk SMP dan MTs Ed.Bilingual (Indonesia –Inggris) . Jakarta Cerdas Pustaka Publisher

Hamzah, M.Ali, Muhlisrarini.2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers

Haryono, Didi. 2014. Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta

Https://id.wikipedia.org/wiki/Layang-layang_(geometri)

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Ibrahim, Muslimin, dkk.2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Malang.

Inganah, Siti, dkk.2005. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ismail.1998.Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Universitas Terbuka

Ilyas, B. & Tiro, M. A. 2007. Statistika Terapan untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Edisi Kedua. Makassar: Andira Publisher

Johartini, P. 2010. Keefektifan Penerapan Srategi Kognitif dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Pare pare. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Khafid, M. 2007.Pelajaran Matematika Kelas VB. Jakarta: Erlangga.

http://kbbi.web.id. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online.

Lie, Anita. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-runag Kelas. Jakarta: Pt Grasindo

Lestari, E.K., Yudhanegara,M.R. 2015.Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: Rafika Aditama.

Marini, Arita.2015. Geometri dan Pengukuran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlisoh, dkk.1992. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3 PPDG#$#)/3SKS Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka,Depdikbud.

Muhsetyo, Gatot. 2007. Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD:1-9/PDGK4406/3 SKS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Peraturan Pemerintah Nomer 19 tahun 2005

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. Nomer 41 Tahun 2007

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI. Nomer 22 Tahun 2006

Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Redhana, I Wayan.2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argument terhadap ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Topic Laju Reaksi. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 43(17),141-148

Sani, A. Ridwan. 2004. Pembelajaran saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi pertama, cetakan ketiga.Bandung: San Grafika.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi pertama, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGravindo Persada

Slavin, E, Robert, . 2008. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Indah.

Soenarjo,RJ.2008.Matematika 5:Untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuhbelas. Bandung: PT Remaja Rosdakara.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiono.2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif , kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Erman,dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suyono dan Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajran Teori dan Konsep Dasar. Bndung: Rosda.

Syam, Suhaemi. 2010. Keefektifan Strategi Generatif dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X MAN 3 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Tiro, M, A. 2011. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher.

Thobroni.2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Undang-undang Replublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah, B. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Ed.1 , Cet 12. Jakarta : Bumi aksara

Yusuf, A, Muri. 2015. Aseesmen dan Evaluasi pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalaian Mutu Pendidikan .Prenadamedia Group: Jakarta

Downloads

Published

12/15/2018

How to Cite

Setyo, A. A. (2018). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD INTEGRASI TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.33506/jq.v6i1.247

Issue

Section

Articles