Diagnosis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong

Authors

  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Hakim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.474

Keywords:

Diagnosis, Matematika, Pecahan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikarenakan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini dilihat dari nilai tugas dan ulangan siswa, semakin tinggi kelasnya maka semakin rendah nilainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Jenis-jenis kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaian soal pokok bahasan pecahan dan cara mengatasinya (2) Penyebab kesulitan penyelesaian soal matematika pada siswa dalam menyelesaian soal pokok bahasan pecahan. Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif yang menjelaskan data dari hasil penelitian. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA terdiri dari 31 siswa dan Kelas VB terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini untuk mendiagnosis kesulitan penyelesaian soal matematika pokok bahasan pecahan. Langkah mendiagnosis adalah sebagai berikut : (1) Data deskriptif diperoleh melelui tes pecahan, wawancara, angket dan dokumentasi (2) Data kuantitatis dan kualitatif diperoleh melalui angket dan jawaban siswa dalam tes pecahan. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan pecahan adalah kesalahan dalam memahami konsep sebesar 45%, kesalahan dalam menerima informasi sebesar 48% dan kesalahan dalam menghitung sebesar 46%. Presentase kesalahan tersebut tergolong kurang sehingga kemampuan yang dimiliki siswa rendah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ariyunita, Noraida. Analisis Kesalahan Dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan. Skripsi. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta (Tidak Dipublikasikan).

Bin Arsyad, Rahmatullah. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Dan Tekhnik Napier Pada Siswa Kelas Ivb Sd Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sorong : Sorong (Tidak Dipublikasikan)

Dahar, R. W. 2006. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayati, Fajar. Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY : Yogyakarta (Tidak Dipublikasikan)

Idel, Anton, Hariyono, Rudy. 2005. Pintar Matematika SMA. Jawa Timur : Gitamedia Press.

Mulyono, Abdurrahman. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Mutmainnah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bilangan Berpangkat SMK Dipinegoro Salatiga. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW : Salatiga (Tidak Dipublikasikan).

Suryaningrum, Rina. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas 3 SLTP dalam Menyelesaikan Soal-soal Pokok Bahasan Persamaan dan Upaya Mengatasinya. (Tidak Dipublikasikan)

Sutama. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : Fairus Media

Untari, Erny. Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. STKIP PGRI : Ngawi (Tidak Dipublikasikan)

Tim Bina Guru. (2006). Terampil berhitung Matematika untuk SD kelas V.Jakarta: Erlangga

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka

Zain, Aswan, Bahri Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Downloads

Published

07/02/2019

How to Cite

Arsyad, R. B., & Hakim, A. (2019). Diagnosis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.474

Issue

Section

Articles