Profil Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Berdasarkan Kemampuan Prasyarat Tinggi

Authors

  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.369

Keywords:

Open- Ended, Pemecahan masalah, gaya kognitif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang pelaksannannya di SMP YPK Syaloom kota Sorong. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika open-ended berdasarkan kemampuan Prasyarat  tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes GEFT, (2) tes kemampuan prasyarat SPLDV, (3) tes pemecahan masalah open-ended, (4) dan tes wawancara, baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Subjek penelitian dibedakan berdasarkan tingkat kemampuan prasyarat prasyarat tinggi dan gaya kognitif gaya Field Dependen dan Field Independen. Hasil penelitian ini adalah (1) subjek penelitian dengan kemampuan prasyarat tinggi gaya kognitif field dependen, menunjukkan kemampuan  yang baik dalam memahami masalah dengan tepat, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek dapat menyelesaikan masalah SPLDV dengan metode eliminasi, gabungan, dan metode grafik, (2) subjek penelitian dengan kemampuan prasyarat tinggi gaya kognitif field independen, dapat memahami masalah dengan tepat, melaksanakan pemecahan sesuai rencana, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek dapat menyelesaikan masalah SPLDV dengan metode eliminasi, subtitusi, gabungan. Penelitian ini sangat membantu pendidik dalam  memberikan soal masalah matematika berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa.

References

Asriah, Asri Nurlaelatul. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan pendekatan Open-Ended. Skripsi. Tasikmalaya: FKIP, Universitas Siliwangi.

Desmita.,2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya., h.145

Mustikasari, M., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2014). Pengembangan Soal-soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Ngilawajan, D. A. 2016. Proses Berpikir Siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Pedagogia, 2(1), 71-83.

Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey Pronceton University Press

Rahman, 2009. Profil Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Surabaya: PPs UNESA.

Sari, Y. M. 2012. Profil Kemampuan Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Materi Pecahan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. MATHEdunesa,1(1).

--------------., & Pramesti, G. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Ditinjau Dari Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1).

Shimada, S dan Becker JP. 1997. The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

01/24/2019

How to Cite

Anwar, Z., & Arsyad, R. B. (2019). Profil Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Berdasarkan Kemampuan Prasyarat Tinggi. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 107–114. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.369

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)