Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ruslan Ruslan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.770

Keywords:

Model Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran, berbasis masalah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan ujicoba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat yang terdiri dari Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMA Al Amin Kota Sorong. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil dari Validasi instrument dari dua validator menunjukkan perangkat pembelajaran memiliki derajat validitas dan layak untuk di gunakan. Hasil uji coba terbatas perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah efektif dan praktis dengan perolehan skor rata-rata hasil tes belajar siswa adalah 82,17 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,34. dengan perangkat pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran, tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan. Penelitian ini sangat penting untuk terus dikembangkan agar dalam pembelajaran di kelas siswa dapat belajar lebih aktif dan efektif.

References

Anwar, Z. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah

Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 10-13.

…………, & Arsyad, R. B. (2019). Profil Kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Berdasarkan Kemampuan Prasyarat Tinggi. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 107-114.

Depdiknas, R. I. (2003). Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Fatmawati, Agustina. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X." Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 4.2 (2016).

H.S. Barrows.. Problem Based Learning : A Research Perspective On Learning Interaction. Lawrence Erlbaum Associates. New York : Inc. Publishing Industrial Avenue. 1982

Murwaningsih, Utami, Erika Laras Astutiningtyas, and Nuryani Tri Rahayu. "Implementasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama." Cakrawala Pendidikan .2014

Nurhawa, N. (2015). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENCAPAIAN MINAT DAN HASILBELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SAINS SMA NEGERI 4 PINRANG (Doctoral dissertation, Univesitas Negeri Makassar).

Sulistyani, Niluh, and Heri Retnawati. "Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning." Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2.2 (2015): 197-210.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognisi untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.

Wena,M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

12/27/2019

How to Cite

Anwar, Z., & Ruslan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 92–104. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.770

Issue

Section

Articles