PASAR, MASJID, DAN MADRASAH: PENDIDIKAN ISLAM DI MINORITAS MUSLIM

Ismail Suardi Wekke, Hudi Asrori, Randi Wahyu Eko s, Salvia Salvia, Yeni Wulandari, Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana hubungan mesjid, lembaga sekolah, dan pasar dalam meningkatkan pendidikan di masyarakat. Penelitian ini mengunakan metode Observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Kepala sekolah serta wali murid SMP Quba Kota Sorong. Adapun observasi dilakukan pada lingkungan sekolah, pasar, serta mesjid yang menjadi awal sekolah tersebut dibangun. Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa di kota Sorong terdapat sebuah pasar dengan nama pasar Central. Pasar tersebut letaknya berdekatan dengan mesjid Quba. Keberadaan mesjid Quba di sekitar pasar Central memiliki peranan yang sangat penting bagi orang-orang yang sedang berniaga di pasar. Pasar dan mesjid tidak dapat dipisahkan keduanya saling membutuhkan dan saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya. Selain pasar dan mesjid, terdapat lembaga pendidikan yang barada di dekat lingkungan pasar tersebut, di kenal dengan nama SMP Quba. Walaupun letaknya berdampingan dengan pasar yang dikenal dengan keramainya setiap hati ini tidak menggurangi ataupun menggangu aktifitas belajar mengajar yang terjadi pada lembaga pendidikan tersebut Dengan melihat dari fungsi sekolah, maka SMP Quba yang berada disekitar pasar dan mesjid merupakan suatu kesatuan realitas kehidupan yang mampu menjadikan masyarakaynya menjadi masyarakat madani.


Keywords


Pasar, Masjid, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Bahrun. Dasar-Dasar Pendidikan dalam Islam, Cet. I; Pali: Yayasan Masyarakat Indonesia Baru, 2009.

Barnadib, Sutari Imam. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: FIP-IKIP, 1986.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Mallaombasi, Syuaib. “Pendidikan anak dan Aspek Sosial dalam Tuntunan Agama." Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 1, Juni 2015.

Murtadha, Muthahhari. Manusia dan Alm Semesta, Cet. II; Jakarta: Lentera, 2002.

Muzayyin, Arifin. Filsafat Pendidikan Islam, Cet. II; Bandunga: PT. Bmi Aksara, 2001.

Nasution. Sosiologi Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Rustanti, Ninik. Ekonomi Pangan dan Gizi, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Syam, Mohammad Noor. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional 1986.

Syamsudin, Din. Etika Agama Dalam Menbangun Masyarakat Madani, Cet. I; Jakarta: Logos, 2000.




DOI: https://doi.org/10.33506/jq.v7i1.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By

Copyright © 2018 Modified by admin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.