PENGARUH METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN 6-9 DI KELAS V SD

Penulis

  • Putri Dini Retno Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nika Fetria Trisnawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irna Rusani Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.3992

Kata Kunci:

: Mathematics, Mathematics, Numeracy Ability, Multiplication of Numbers, Interactive Learning

Abstrak

Matematika merupakan mata pelajaran dasar yang berperan penting dalam melatih kemampuan berpikir logis, kritis, dan analitis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Jarimatika. Metode ini menyediakan pendekatan yang sederhana dan menarik denagan memanfaatkan jari tangan sebagai media untuk mempelajari konsep perkalian bilangan

Penelitian dilakukan menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan desain pre-test dan post-test pada 25 siswa kelas V di SDN 24 Kota Sorong. Berdasarkan hasil analisis, terdapat  peningkatan signifikan dalam kemampuan berhitung siswa setelah diterapkannya metode ini. Rata-rata nilai pre-test sebesar 57,76 meningkat menjadi 77,36 pada post-test, dengan peningkatan nilai minimum dari 40 menjadi 48 dan nilai maksimum dari 64 menjadi 100. Selain itu, rata-rata N-gain sebesar 0,4515 menunjukkan kategori peningkatan yang sedang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode jarimatika efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran matematika yang menarik, menyenangkan dan interaktif.

Referensi

Akrom, M., Zihab, Jalaludin, & Muslim, R. I. (2024). Implementation of Jarimatika Method to Improve Multiplication Calculation Ability in Grade III Elementary School Students. Jurnal Pendidikan, SAINS, Geologi, Dan Geofisika, 5(4), 1002–1008. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.444

Amelia, H., Guru, P., Dasar, S., & Madura, U. T. (2023). Efektifitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan perkalian bagi siswa sekolah dasar. 3, 1060–1066.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(1), 78.

Amos Rombe, Mindo H. Sinambela, Barthon Wenda, Andinus Yanengga, & Sutarman Borean. (2023). Pelatihan Guru SD Inpres Tiom Cara Mengajarkan Hitung Dasar Matematika dengan Metode Jarimatika dan Alat Peraga. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 86–91. https://doi.org/10.54259/pakmas.v3i1.1679

Arini, D. A., & Gianistika, C. (2020). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II ). 25–37.

Aryani, R. (2020). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Di MI Futukhiyah Pamulian Warungpring Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal IIlmiah Ibtida, 1(1), 1–13.

Astuti, P., Studi, P., & Matematika, P. (2017). Pengembangan lks untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika di kelas vii smp. II(2), 145–156.

Chasanah, M. Z. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Jarimatika Terhadapa Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Pendidikan Guru MI IAIN Ponorogo, 1–122.

Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung. 2(2), 79–87.

Difansyah, H. F., Apsari, L., Nizar, M., Zaki, I., Novitasari, P., & Putri, V. (2024). Pengaruh metode jarimatika dan metode sempoa terhadap kemampuan perkalian Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal of Smart Education and Learning, 1(2), 49–59.

Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97

Fausia, N., Upu, H., Talib, A., Natalia, F., & Asfar. (2021). The Development of Jarimatika Method in Increasing the Speed of Counting Through AndroidBased Taktikjar Learning Media. Jurnal Atlantis Press, volume 611(ICoESM), 338–372.

Fina Oktavia, & Risnanosanti. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Papan Perkalian Yang Menyenangkan Di Sdn 027 Bengkulu Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 97–102. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1182

Garut, U., & Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. 121–129.

Hamidah, F., Putri, A. F., Guru, P., Dasar, S., & Surabaya, U. M. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 116–126.

Handayani., R., Mamoh, O., Ahzan, Z. N., & Fitriani. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6, 73645234.

Hati, H., Jumenah, Wasiah, N. S., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. 09, 2865–2878.

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Lestari, P., Winarsih, E., & Aryanang, C. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dan Media Jarimatika pada Siswa Kelas III SDN Beran 6 Ngawi. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 10–27.

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Mahendra, F. E., & Selayar, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUSTORE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Faida. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 63–70.

Nurhaedah, N., Patta, R., & Triputri, A. (2019). the Jarimatika Method on Math Learning: How To Improve Math Skil. The 1st International Conference of Science and Technology in Elementary Education (ICSTEE 2019), 14-15 Sept. https://doi.org/10.4108/eai.14-9-2019.2290023

Purwanti, K. Y., & Khoiriyah, I. S. A. (2020). The Effectiveness of Jarimatika Methods with Tapertis Media on Students’ Multiplication Concept Understanding. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(3), 332. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i3.267

Rahmayanti J. D. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. RISDA : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, Volume 7,(April), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97

Setyaningsih, S., Herlina, H., & Devita, D. (2024). EfektivitasJarimatikauntukMeningkatkanKemampuanPerkalianpadaSiswadengan Hambatan Penglihatan. 8(3), 1862–1874.

Setyo, A. A., Yuliani, N., Aflaha, N., Julianty, S., Situmorang, H., & Pendidikan, J. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA BAHAN AJAR MULTIMODAL PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(2), 54–62.

Soegijanti, M. M. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DENGAN MENERAPKAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMIJEN 02 SEMARANG. 3(2), 223–232.

Surjono, H. D. (2018). PEMBELAJARAN PERKALIAN METODE BERHITUNG JARIMATIKA PADA ANAK AUTIS DI AMANAH AUTISME MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI TANGAN. Molucca Medica, 11(April), 13–45.

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6126

Trisnawati, N. F., Setyo, A. A., & Warlatu, A. (2024). Improving Mathematical Reasoning Skills Through an Open-Ended Approach Assisted by Google Classroom and Google Meet. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 489–502.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Widyanengrum, N., Ningrum, D. A., Arifin, S. N., & Riswari, L. A. (2023). Improving Counting Skills Assisted by The Jarimatika Method in Fifth Grade Elementary School Students. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 4(2). https://doi.org/10.35719/mass.v4i2.128

Wijaya, R., Yadewani, D., & Padang, A. J. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. 1(2), 1–8.

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Putri Dini Retno Pratiwi, Trisnawati, N. F., Hidayani, & Rusani, I. (2024). PENGARUH METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN 6-9 DI KELAS V SD. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 140–150. https://doi.org/10.33506/jme.v2i2.3992

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama