Potensi Pemanfaatan Limbah PII Quary Sebagai Pengganti Agregat Halus Beton

Authors

  • Wennie Mandela Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Didik Setyo Purwantoro Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v4i2.173

Keywords:

limbah quary, mutu beton, agregat halus

Abstract

Fakta di beberapa quary pasir wilayah Sorong Raya, kadar lumpurnya masih cukup tinggi yaitu kisaran 8% - 19 % dengan mutu beton yang didapatkan maksimal K-200. Dalam upaya mencari alternatif material pasir lokal tersebut, teridentifikasi ada limbah dari perusahaan pengolah tambang batu pecah yang ada di Kota Sorong yaitu PT Pro Intertech Indonesia (PII QUARY).Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mutu beton rata-rata yang dihasilkan dari uji laboratorium atas benda uji beton yang memakai limbah PII Quary dan untuk mengidentifikasi potensi serta kelayakan limbah PII Quary apakah dapat dijadikan alternatif pengganti agregat halus beton Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium Teknologi Beton Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong. Penelitian yang menggunakan jenis material limbah dari PII Quary berupa pasir batu. Sampel yang diambil akan dicampur dengan agregat kasar, semen dan air untuk kemudian diketahui karakteristik mutu beton yang dihasilkan. Hasil penelitian didapatkan uji kuat tekan rata-rata silinder beton umur 28 hari sebesar 17,5 MPa belum mencapai mutu beton yang ditargetkan yaitu 25 MPa. Limbah batu pecah PII Quary disimpulkan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pengganti agregat halus beton. Akan tetapi, mutu beton yang dihasilkan hanya memenuhi mutu beton kelas 1 yang digunakan bukan untuk pekerjaan struktur.

References

Arif, M., 2015. Analisa Perbandingan Kualitas Beton dengan Agregat Halus Quary Sungai Maruni Manokwari dan KM 10 Kota Sorong. Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong.

Badan Standar Nasional, “Tentang Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normalâ€, SNI 03 2834:2000. Jakarta, 2000

Mulyono Tri (2004), Teknologi beton. Jakarta

Pebryansyah, 2016. Pengaruh Subtitusi Semen dengan Abu Batu pada Kuat Tekan Beton. Teknik Sipil Universitas MuhammadiyaSorong.

Pesireron, G., N., 2016. Analisa Pengaruh Kandungan Lumpur Pada Agregat Halus Terhadap Mutu Beton. Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong.

Saputro, I. T. (2017). Formulasi Proporsi Styrofoam Terhadap Pasir Merapi Dan Pengaruhnya Pada Kuat Tekan Dan Kuat Lentur Batako Ringan. Rancang Bangun, 3(1).

Downloads

Published

2018-10-29

How to Cite

Mandela, W., & Purwantoro, D. S. (2018). Potensi Pemanfaatan Limbah PII Quary Sebagai Pengganti Agregat Halus Beton. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 4(2), 61–64. https://doi.org/10.33506/rb.v4i2.173

Issue

Section

Articles