Analisis Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Siswa SMK: Studi Kepustakaan

Authors

  • Lydia Sri Rosdiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahajeng Gusti Amparan Wangi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risma Febyanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Feri Hidayatullah Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Bimbingan Karir, SMK, Karir

Abstract

Bimbingan karir merupakan satu dari serangkain program pendidikan yang dilaksanakan di sekolah, adanya bimbingan karir menjadi suatu wadah yang hendaknya diberikan kepada para siswa guna memfasilitasi keoptimalan pada dirinya dalam menjalani tahap perkembangan diri. Namun berdasarkan kenyataan di lapangan dan dirasakan sendiri oleh penulis, bimbingan karir yang ada di sekolah belum secara optimal diberikan kepada siswa terutama bagi siswa SMK. Oleh karena hal itu, penulis tertarik untuk mencari tau seberapa besar urgensi diberikannya bimbingan karir bagi siswa SMK, juga mengkaji pengaruh pemberian bimbingan karir yang optimal kepada siswa SMK dalam persiapannya untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau Library Research. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari situs online yang menyediakan buku, jurnal dan artikel ilmiah seperti Google Books dan Google Schoolar. Teknik yang digunakan peneliti dalam studi kepustakaan ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan cara mencari data yang relevan dengan topik berupa buku, makalah, artikel, jurnal, atau catatan dari penelitian terdahulu. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau biasa disebut dengan Content Analysis. Kesimpulan yang diperoleh yaitu bimbingan karir membantu siswa dalam menentukan sendiri studi yang akan mereka tempuh juga menyesuaikannya berdasarkan minat/bakat serta cita-cita mereka. Adanya bimbingan karir juga membantu mereka dalam melihat secara transparan tentang apa yang nantinya akan mereka tempuh ketika masuk ke dunia kerja.

Kata kunci: Bimbingan Karir, SMK, Karir

Author Biographies

Lydia Sri Rosdiana, Universitas Pendidikan Indonesia

Saya seorang mahasiswa Pendidikan Multimedia

Rahajeng Gusti Amparan Wangi, Universitas Pendidikan Indonesia

Saya seorang mahasiswa Pendidikan Multimedia

Risma Febyanti, Universitas Pendidikan Indonesia

Saya seorang mahasiswa Pendidikan Multimedia

Feri Hidayatullah Firmansyah, Universitas Pendidikan Indonesia

Saya seorang dosen Pendidikan Multimedia

References

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional

Falaqiyah, F. (2021). Analisis Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja pada Siswa SMK. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Imah, M. T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro Linguistic Programming (NLP) dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal BK UNESA, 8(2).

Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). PROGRAM BIMBINGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK ASSAABIQ SINGAPARNA. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31-40.

Iswara, B., Prasetyani, A., & Sauda, S. (2021). Analisis Keefektifan Layanan Bimbingan Karir di SMK Berdasarkan Keberhasilan Karir Lulusan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(1), 1-7.

Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3

Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4,

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES

Masrurin, S. (2021). Permainan Tradisional Hompimpa (Studi Nilai Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nurdianah, F., & Maq, M. M. (2021). Program Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 220-229.

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11

Rambe, R. (2018). Layanan bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa kelas xi mia 3 di madrasah aliyah negeri 3 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rohmawati, N. (2019). Kemandirian Siswa dalam Merencanakan Karir Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 67-73.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan karier di smk. Dalam e-book.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus

Widiyanti, T. (2019). Layanan bimbingan karir dalam upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2).

Downloads

Published

09/09/2022

How to Cite

Rosdiana, L. S., Wangi, R. G. A., Febyanti, R. ., & Firmansyah, F. H. (2022). Analisis Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Siswa SMK: Studi Kepustakaan. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(1), 37–44. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/1595

Issue

Section

Articles