Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Teknik Storytelling di Medina English Club

Ahmad Wael(1), Hasanudin Hasanudin(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Sorong
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan

DOI : https://doi.org/10.33506/jq.v9i2.1171

Full Text:    Language : idn
Submitted : 2020-12-07
Published : 2021-01-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengujui penggunaan teknik storytelling dalam meningkatkan kemampuan berbicara speaking bahasa inggris. Penelitian ini didesain menggunakan pre-eksperimental, pre-test, perlakuan treatment dan post-test dengan melibatkan 15 partisipan di Medina English Club. Peneliti memberikan pre-test terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan awal para peserta Medina English Club. Setelah itu, peneliti memberikan perlakukan treatment  dan tahap selanjutnya peneliti memberikan post-test untuk mengetahui hasil akhir dari penggunaan teknik storytelling dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah speaking test dan kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan teknik storytelling dalam pembelajaran bahasa inggris.

Keywords


Speaking Skills, Storytelling Technique

References


Arikunto, S. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta; Bina Aksara. 1984.

Burns, Anne and Helen Joyce. 1997. Focus on Speaking. National Centre for English Language Teaching and Research.

Harmer, Jeremy. 2010. The Practice of English Language Teaching: Buch.

Harmer, Jeremy. 2007. How to teach English. Longman Publishing.

Khairoes, Desmarita And Taufina (2019) Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4 Tahun 2019 Halaman 1038- 1046. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/220/pdf

Ningtyas, Fajar. 2006. Using visual media in storytelling technique to increase the interest of the fifth grade students of SDN Banjararum III in learning english. Skripsi (Sarjana. Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Tambunan, P. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. The British Journal of Psychiatry, 112(483), 211–212. https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a

Zuhriyah, Mukminatus. 2017. Storytelling to Improve students’ Speaking Skill. Hasyim Asy’ari University, Tebuireng, Jombang.


Article Metrics

 Abstract Views : 54 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.