Penggunaan Konten Tiktok Akun @Gilanknugroho dalam Edukasi Tugas Akhir Mahasiswa

Authors

  • Lira Dzikri Rahmadani Manurung UIN Sumatera Utara
  • Fakhrur Rozi UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3408

Keywords:

Konten Tiktok, Edukasi, Tugas Akhir, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi penggunaan konten tiktok dari akun @gilanknugroho dalam membentuk edukasi tugas akhir mahasiswa UINSU Fakultas Kesehatan Masyarakat, Sains dan Teknologi. Rata-rata ouput kuesioner dengan masing-masing kualifikasi stambuk 2020 memiliki nilai yang lebih dalam menonton edukasi tugas akhir. Hasil dari SEM PLS dengan pengujian validitas dan reliabilitas nilai AVE masing-masing indikator >0,50 dan Cronbach’s Alpha >0,70 yang berarti sudah cukup baik

References

Anggraini, R., & Ubidia, A. T. (2024). Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(3), 128–139. https://doi.org/10.29300/ISTISYFA.V1I3.2421

Child, J. T., & Haridakis, P. (2018). Uses and Gratifications Theory. Engaging Theories in Family Communication, 337–348. https://doi.org/10.4324/9781315204321-30

F. Rozi, S. A. R. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Bagi Kalangan Remaja Madrasah Tsanawiyah Bina Insani. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni.

Fanaqi, C., Febrina, I. R., Pratiwi, R. M., & Gymnastiar, G. (2022). Pemanfaatan tiktok sebagai media edukasi di masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 8(2), 910–924. https://doi.org/10.52434/JK.V8I2.2102

Humaira Masari, A., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2023). Konten Tiktok @buiramira dan Skripsi: Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa sebagai Media Edukasi Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16564–16575. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I2.9002

Hutamy, E., Alisyahbana, A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(01), 21–26. https://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/242

Ketchen, D. J. (2013). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Long Range Planning, 46(1–2), 184–185. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002

Lestari, M. D., & Nurliah, N. (2023). Interaktivas Akun Instagram @Ezraalfatah dalam Membangun Motivasi Mahasiswa Menyusun Skripsi :Studi terhadap Mahasiswa Kalimantan Timur. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 435–444. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6424

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647. https://doi.org/10.20885/TULLAB.VOL3.ISS1.ART7

Maharani, R. (2023). Peran Media Sosial TikTok@ Buiramira Dalam Memotivasi Mahasiswa KPI IAIN Syekh Nurajati Untuk Mengerjakan Skripsi. Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

Masari, A. H., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2023). Konten Tiktok@ buiramira dan Skripsi: Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa sebagai Media Edukasi Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 16564–16575.

Mauritsa, G., & Maryani, A. (2023). Manajemen Konten Tiktok @HALO.BDG Sebagai Media Informasi. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i1.5249

Mediana, E., Yusup, E., & Arindawati, W. A. (2022). Pengaruh Konten TikTok@ Jeromepolin98 Sebagai Media Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Generasi Z. Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3489–3496. https://doi.org/10.31604/JIPS.V9I9.2022.3489-3496

Putri, R., Sulistyanto, A., & Imaddudin. (2022). Analisis Isi Konten Edukasi Funfact Pada Akun Tiktok@ Buiramira. Verba Vitae Unwira, 3(1), 48–64. https://www.journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1856

Putriani, W., Endang, A., & Narti, S. (2023). Tiktok Sebagai Media Kreasi Oleh Konten Kreator Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal STIA Bengkulu:Committe to Administration for Education Qualit, 2(2), 99–114.

Rahmana, P. N., N, D. A. P., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi di Era Generasi Z. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(02), 401–410. https://doi.org/10.34005/AKADEMIKA.V11I02.1959

Rakhmat, J. (2003). Metode Penelitian Komunikasi : dilengkapi contoh analisis statistik.

Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2015), 3029–3036.

Rizkiani, F., & Tamburian, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kreativitas Murid SMA Yuppentek 1 Tangerang di Masa Pandemi. Kiwari, 1(2), 252. https://doi.org/10.24912/ki.v1i2.15516

Rohmawati, I. E., & Arfa, M. (2022). Perilaku Pencarian Informasi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Undip dalam Aplikasi TikTok. ANUVA, 6(4), 505–518.

Safni, L. H., Febriyani, N., Izzatunnisa, Y., & Saragi, M. P. D. (2022). Pengaruh Pengunaan Aplikasi TikTok terhadap Konsentrasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa/I Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4462–4465. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.8967

Sam, U., Manado, R., Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 1(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/35815

Sari, D. A. P. P., & Kurnia, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8285–8295. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3686

Siyoto, & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.

Suhardiman, A., & Kamaluddin, M. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42–53. https://doi.org/10.47431/JKP.V1I1.171

Toha, M., & Umisara, E. (2022). Respon Mahasiswa terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Salah Satu Media Pengembangan Media Pembelajaran di Universitas Kabupaten Brebes. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5607–5616. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I4.3331

Vidyana, A. N., & Atnan, N. (2022). Pengaruh Konten Edukasi Tiktok terhadap Pengetahuan Mahasiswa: sebuah Kajian Sosiologi Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7131–7144. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3453

Wuwungam, kyrie eleison, Himpong, meity dina, & Lotulung, leviane jackelin hera. (2023). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai sarana edukasi bagi mahasiswa. Koneksi, 7(1), 42–48. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.16034

Published

2024-06-30

How to Cite

Manurung, L. D. R., & Rozi, F. (2024). Penggunaan Konten Tiktok Akun @Gilanknugroho dalam Edukasi Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 183–192. https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3408