ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI MEMBACA JAM DAN SELISIH WAKTU MELALUI EVALUASI POST-TEST DI SD NEGERI 5 DOOM
Keywords:
Hasil Belajar, Membaca jam, Menghitung Selisih Waktu, Post-Test, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa pada materi membaca jam dan menghitung selisih waktu melalui evaluasi post-test di SD Negeri 5 Doom. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan siswa kelas III A yang dipilih secara purposive sampling. Hasil post-test menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar , dengan hanya siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Siswa berkemampuan rendah kesulitan dalam membaca posisi jarum jam dan melakukan konversi satuan waktu, sedangkan siswa berkemampuan sedang kesulitan pada soal yang lebih kompleks, sementara siswa berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal dengan benar. Faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar adalah sifat abstrak materi waktu, minimnya penggunaan media visual, dan pendekatan pembelajaran yang belum optimal. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk meningkatkan penggunaan media visual seperti jam manipulatif atau aplikasi digital, memberikan latihan bertahap, serta melakukan pendampingan khusus bagi siswa dengan kemampuan rendah untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
References
Amrain, I., Panigoro, M., Ardiansyah, Bumulo, F., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Damhil Education Journal, 4(1), 77–90. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2489
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.
Bidari, R. A., & Zudan, Z. (2024). Perbedaan Kemampuan Siswa Kelas Unggulan dan Reguler Berdasarkan Hasil Belajar di MI Nurul Islam Pongangan. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 7(1), 582–589. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2088
Daring, S. N., Safitri, N. D., Hasanudin, C., & Matematika, P. (2023). Penggunaan Media Visual pada Pembelajaran Matematika SD. Prosiding Seminar Nasional Daring, 300–305.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Handayani, U. F. (2021). Berpikir Kreatif Siswa Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual. Pi: Mathematics Education Journal, 4(2), 91–101. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej91
Indah, N. L. (2024). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA OPERASI BILANGAN KELAS 4 SD. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 382–399.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kholifah, S. P., & Rahma, Y. (2024). Proses Pengembangan Perencanaan Pembelajaran yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik . Karimah Tauhid, 3(6 SE-Articles), 6334–6351. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/13447
Mulyono, M., & Trisnawati, N. F. (2024). The comparison of the effectiveness of online and offline learning in the educational statistics course. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 13(1), 16-29.
Nurfadhillah, S., Ulfah, M., Nikmah, S. Z., & Fitriyani, D. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Siswa Serta Memotivasi Belajar Siswa Kelas 3 Sdn Kohod Iii. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 260–271. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Pratiwi, P. D. R., Trisnawati, N. F., & Rusani, I. (2024). PENGARUH METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BILANGAN 6-9 DI KELAS V SD. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(2), 140-150.
Qusyairi, L. A. H. (2020). Pemanfaatan Media Dalam Metode Simulasi Pada Pembelajaran PAI. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 195–211. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. In Buku.
Rahmawati, Y. A., Maulan, D. Z., Buamona, N. F., Supriyanto, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Jeruk, K. (2019). Pengembangan Strategi Discovery Learning Terhadap. 247–252.
RIAN, ELLISSI, W., & BIN FRANS RESI, B. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 73–85. https://doi.org/10.38114/s8nvrf44
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555
Sumarno, M., T, A. Y., & Tanjungpura, U. (2024). Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Matematika Berbasis Teknologi Pada. 7(1), 75–81.
Syahidah, N., Kusasi, M., Analita, R. N., & Sholahuddin, A. (2024). PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN TES MATERI STOIKIOMETRI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA Development of E- Instruments for Stoiciometric Material Tests Using Blooket Games to Measure Critical Thinking Ability in High School Students. 7(3), 161–174.
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.
Trisnawati, N. F., Sundari, S., & Musa'ad, F. (2024). Development of Digital Interactive Modules Based on Al Islam and Muhammadiyah in Basic Mathematics Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 1067-1082.
Widarmi, & W. (17 C.E.). Modul Diklat Dasar Dalam Jaringan (Daring) Bagi Pendidik Paud. Jakarta: PT Indeks, 79. http://repository.ut.ac.id/4724/1/PAUD4409-M1.pdf
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2(2), 634–638. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i8.225