Dinamika Pembelajaran Matematika dalam Konteks Pandemi COVID-19: Sebuah Analisis Bibliometrik

Penulis

  • Fatmawati Payopo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sitra Kalauw Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ria Kilala Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Yenni Sauli Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hamila Hulihulis Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jackonias Sanadi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Fathurrahman Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ismail Djakaria Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.33506/jme.v2i1.3400

Kata Kunci:

matematika, covid, tinjauan literatur, bibliometrik, VOSviewer

Abstrak

Penelitian ini menyajikan tinjauan literatur sistematis mengenai perpaduan antara matematika dan COVID-19, dengan fokus pada bagaimana pandemi telah mengubah praktik pendidikan menjadi pembelajaran daring dan menekankan pentingnya pemodelan matematika dalam memahami dan mengelola penyebaran virus. Menggunakan metodologi kualitatif, studi ini mengolah data dari artikel yang diambil dari basis data Dimensions dan dianalisis menggunakan VOSviewer untuk pemetaan bibliometrik. Hasil menunjukkan pergeseran signifikan dalam praktik pengajaran, dengan adopsi cepat teknologi digital yang memfasilitasi pendidikan matematika online. Transisi ini tidak hanya menyoroti fleksibilitas platform digital tetapi juga tantangan dalam mengikutsertakan siswa dan menyampaikan konsep matematika yang kompleks secara efektif secara jarak jauh. Selain itu, tinjauan ini menegaskan fungsi kritikal pemodelan matematika dalam meramalkan trajektori pandemi dan memberikan informasi untuk strategi kesehatan masyarakat. Studi ini juga menggali implikasi yang lebih luas dari pergeseran ini, menyarankan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan matematika, yang dipicu oleh pandemi, dapat memiliki efek jangka panjang terhadap pendekatan pedagogis. Tantangan seperti ketidaksetaraan akses teknologi dan kebutuhan akan penyesuaian pedagogis untuk mengoptimalkan lingkungan pembelajaran online dibahas. Penelitian ini memberikan kontribusi pada wacana akademis dengan memetakan evolusi aplikasi matematika selama krisis kesehatan global dan menyarankan arah untuk penelitian masa depan untuk meningkatkan ketahanan sistem pendidikan terhadap gangguan serupa.

Referensi

Akbar, P., Nurmandi, A., Irawan, B., & Loilatu, M. J. (2022). Research Trends in E-Government Interoperability: Mapping Themes and Concepts Based on The Sco-pus Database. EJournal of EDemocracy and Open Government, 14(2), 83–108. https://doi.org/10.29379/jedem.v14i2.707

Aminah, N., & Rochmad, R. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pengajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 87-100.

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Arrahman, B. (2023). Pemodelan Epidemiologi COVID-19 untuk Memperkirakan Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan. Jurnal Dunia Ilmu, 3(5).

Arsyad, R. B., Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96-100.

Arsyad, R. B, Sabu, H., Setyo, A. A., & Payapo, F. (2023). PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA: IMPLEMENTATION OF STUDENT WORK SHEET (LKS) THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING STRATEGIES IN MATHEMATICS COURSES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 50–57. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2457

Bayaga, A., Nzuzo, N., & Bossé, M. J. (2021). Early Mathematics Learners’ Numerical Errors: Consequence of Poor Learners’ Comprehension and Teachers’ Instructions. Open Journal for Educational Research, 5(2), 275–288. https://doi.org/10.32591/coas.ojer.0502.11275b

Borba, M. C. (2021). The future of mathematics education since COVID-19: humans-with-media or humans-with-non-living-things. Educational Studies in Mathematics, 108(1–2), 385–400. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10043-2

Brodie, K., Gopal, D., Moodliar, J., & Siala, T. (2021). Bridging powerful knowledge and lived experience: Challenges in teaching mathematics through COVID-19. Pythagoras, 42(1), 1–14. https://doi.org/10.4102/PYTHAGORAS.V42I1.593

Budiarti, M. I. E., TITING, T. F. R., Dhipanusa, K., Setiyono, M., & Nalle, C. Y. (2021). Keefektifan Penggunaan Google Class Room Dan Zoom Selama Pandemi Covid 19 Pada Pembelajaran Matematika. JPB: Jurnal Patria Bahari, 1(1), 9-23.Burdam, G. I., Arsyad, R. B., Rumauw, H. R., & Trisnawati, N. F. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Masa Pandemic. LIMIT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29-38.

Butola, L. K. (2021). E-learning-a new trend of learning in 21st century during COVID-19 pandemic. Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology, 15(1), 422–426. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v15i1.13443

Fatkhurrozi, A., Amaniyah, I., Rahmawati, I., & Lailiyah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring menggunakan Goole Meet dan Whatsap Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 28–42.

Fathurrahman, M., Husain, A. K., Tahang, H., & Ba'diah, A. S. (2023). Pembelajaran Daring Selama Covid-19: Evaluasi Pengalaman dan Tantangan Siswa: Online Learning During Covid-19: Evaluation Of Student Experiences and Challenges. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 11-21.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813

Harini, E., & Taufiq, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. Prisma, 10(1), 44. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Heyd-Metzuyanim, E., Sharon, A. J., & Baram-Tsabari, A. (2021). Mathematical media literacy in the COVID-19 pandemic and its relation to school mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 108(1–2), 201–225. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10075-8

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533–541.

Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019, February). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 247-267).

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Layn, M. R., Setyo, A. A., & Musaad, F. (2022). Analisis Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Matematika secara Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 215-222.

Learning, O. (2022). The effects of Covid-19 on mathematics learning areas. June.

Literatur Review _watin. (n.d.).

Manaqib, M., Fauziah, I., & Hartati, E. (2021). Model matematika penyebaran COVID-19 dengan penggunaan masker kesehatan dan karantina. Jambura Journal of Biomathematics (JJBM), 2(2), 68–79. https://doi.org/10.34312/jjbm.v2i2.10483

Meenakshi, A., Neel Armstrong, A., & Senbagamalar, J. (2022). Mathematical Model of Analysation of COVID-19 Using Graphs. AIP Conference Proceedings, 2516(November). https://doi.org/10.1063/5.0109199

Moldavan, A. M., Capraro, R. M., & Capraro, M. M. (2022). Navigating (and Disrupting) the Digital Divide: Urban Teachers’ Perspectives on Secondary Mathematics Instruction During COVID-19. Urban Review, 54(2), 277–302. https://doi.org/10.1007/s11256-021-00611-4

Mulenga, E. M. (2020). Is COVID-19 the Gateway for Digital Learning in Mathematics Education ? 12(2).

Panovska-griffiths, J. (2020). Can mathematical modelling solve the current Covid-19 crisis ? 1–3.

Patel, S., & Hester, J. (2022). Effects of COVID-19 on Mathematical Learning Among Multilingual Students. Journal of Student Research, 11(2), 2–7. https://doi.org/10.47611/jsrhs.v11i2.3291

Ping, J., & Tim, A. (2021). Education in Mathematics and the Spread of COVID ‑ 19. Eastern Economic Journal, 47(4), 571–589. https://doi.org/10.1057/s41302-021-00200-z

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0: Kajian dari perspektif pembelajaran matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.

Rahayu, A. M., Badruzzaman, F. H., & Harahap, E. (2021). Pembelajaran Aljabar Melalui Aplikasi Wolfram Alpha. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(1), 51-58.

Rodríguez-Muñiz, L. J., Burón, D., Aguilar-González, Á., & Muñiz-Rodríguez, L. (2021). Secondary mathematics teachers’ perception of their readiness for emergency remote teaching during the covid-19 pandemic: A case study. Education Sciences, 11(5). https://doi.org/10.3390/educsci11050228

Setyo, A. A., Layn, R., & Trisnawati, N. F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Geometri Analitik Memanfaatkan Bahan Ajar Digital Multimodal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 98-105.

Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.

Syarifuddin, S., Basri, H., Ilham, M., & Fauziah, A. F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika ditengah Pandemi Covid-19. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.16

Trisnawati, N. F., & Warfandu, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 347-355.

Tri Putri, S., & Rahman Munandar, D. (2021). Analisis Kendala Pembelajaran Matematika Berbasis Online (E-Learning) Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 320–327. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.811

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Zahra, A. A., Nurmandi, A., Tenorio, C. B., Rahayu, R., Benectitos, S. H., Mina, F. L. P., & Haictin, K. M. (2021). Bibliometric analysis of trends in theory-related policy publications. Emerging Science Journal, 5(1), 96–110. https://doi.org/10.28991/ESJ-2021-01261

Zulkardi, Meryansumayeka, Putri, R. I. I., Alwi, Z., Nusantara, D. S., Ambarita, S. M., Maharani, Y., & Puspitasari, L. (2020). How students work with pisa-like mathematical tasks using covid-19 context. Journal on Mathematics Education, 11(3), 405–416. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12915.405-416

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Fatmawati Payopo, Sitra Kalauw, Ria Kilala, Yenni Sauli, Hamila Hulihulis, Jackonias Sanadi, … Ismail Djakaria. (2024). Dinamika Pembelajaran Matematika dalam Konteks Pandemi COVID-19: Sebuah Analisis Bibliometrik. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.33506/jme.v2i1.3400