PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

THE EFFECT OF INTELLIGENCE ADVERSITY QUOTIENT (AQ) ON STUDENTS' MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES

Penulis

  • Rafino Agam SDN 17 Kota Sorong
  • Ruslan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hidayani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rusnia Universitas Muhammadiyah Sorong

Kata Kunci:

adversity quotient; Hasil belajar matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa pada masa pandemi covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode deskripsi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah kecerdasan adversity quotient sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Quba Kota Sorong, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VII SMP Quba Kota Sorong. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kecerdasan adversity quotient dan nilai raport. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kecerdasan advwesity quotient kelas VII SMP Quba Kota Sorong berada pada kategori sedang dengan persentase 65,22% sedangkan hasil belajar berada pada kategori sedang dengan persentase 73,92%. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa persamaan regresi diperoleh Y= 57,174+0,180 X, dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,274 dimana nilai signifikan > 0,05 (0,274 > 0,05), dengan demikian H0 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh kecerdasan adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Quba Kota Sorong.

Referensi

Afri, L. D. (2018). Hubungan adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada pembelajaran matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).

Anwar, Z., Layn, M. R., & Ardyanti, F. (2018). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Melalui Taksonomi Bloom. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 63-76.

Azwar, S (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hastuti, T. D. (2018, March). Student profile with high adversity quotient in math learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012131). IOP Publishing.

Hulaikah, M., Degeng, I., & Murwani, F. D. (2020). The Effect of Experiential Learning and Adversity Quotient on Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 869-884.

Juwita, H. R., & Usodo, B. (2020). The Role of Adversity Quotient in the Field of Education: A Review of the Literature on Educational Development. International Journal of Educational Methodology, 6(3), 507-515.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Khikmah, I. (2022). PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK MAKMUR 1 CILACAP (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Layn, M. R. (2018). Improving mathematics learning outcomes through cooperative learning model type NHT in grade VIII A students MTs Muhammadiyah. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1).

Leonard, L., & Amanah, N. (2017). Pengaruh adversity quotient dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika.

Nas, S. (2019). Pengaruh adversity quotient, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN se-kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Nurhayati, N., & Fajrianti, N. (2015). Pengaruh adversity quotient (AQ) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 73-80.

Rukmana, I., Hasbi, M., & Paloloang, B. (2016). Hubungan adversity quotient dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 325-333.

Supriadi, S., Anwar, Z., Hidayani, H., & Rusani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Fase Polya Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Campers. Celebes Education Review, 3(1), 25-33.

Suryadi, B., & Santoso, T. I. (2017). Self-Efficacy, Adversity Quotient, and Students' Achievement in Mathematics. International Education Studies, 10(10), 12-19.

Trisnawati, N. F. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Median: Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(3), 36-42.

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.

Wardiana, I. P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara adversity quotient (AQ) dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas v sd di kelurahan pedungan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Agam, R., Layn, M. R., Hidayani, & Rusnia, W. O. (2023). PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA: THE EFFECT OF INTELLIGENCE ADVERSITY QUOTIENT (AQ) ON STUDENTS’ MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 29–39. Diambil dari https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2462