Membangun Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pengguna Ojek Online Di Kota Tangerang

Siti Asriah Immawati(1), Abdul Rauf(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Tangerang
(2) Universitas Muhammadiyah Tangerang

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.33506/sl.v9i1.762

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-12-24
Published : 2020-01-27

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pengguna ojek online. Penelitian ini dilakukan di Kota Tangerang dengan responden adalah mahasiswa pengguna transportasi berbasis aplikasi online difokuskan pada Grab dan Go-Jek mengingat bahwa kedua perusahaan ini paling populer di Kota Tangerang sebanyak 200 orang mahasiswa. Hasil analisa menunjukkan bahwa Bukti Fisik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna ojek online,  hal ini dibuktikan dengan hasil thitung> t tabel ( 3,705 > 1,960) dan nilai Sig sebesar 0,000 ( < 0,05). Keandalan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna ojek online, hal ini dibuktikan dengan hasil thitung> t tabel ( 11,152 > 1,960) dan nilai Sig sebesar 0,000 ( < 0,05). Ketanggapan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna ojek online, hal ini dibuktikan dengan hasil thitung> t tabel ( 5,880 > 1,960) dan nilai Sig sebesar 0,000 ( < 0,05). Empati mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna ojek online, hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel ( 5,649 > 1,960) dan nilai Sig sebesar 0,000 ( < 0,05).  Kepuasan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa pengguna ojek onlin , hal ini dibuktikan dengan hasil thitung> t tabel ( 14,550 > 1,960) dan nilai Sig sebesar 0,000 ( < 0,05). Sehingga kepuasan dan loyalitas Mahasiswa pengguna ojek online di kota Tangerang sangat signifikan.


Keywords


kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan.

References


Al Rasyid, H. (2017). The Effect of Service Quality and Technology Utilization on Go-Jek Customer Satisfaction and Loyalty. Journal of Ecodemica. Journal of Ecodemica: Journal of Economics, Management, and Business, 1(210–223). Retrieved from

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2026

Ali Akhmad Noor Hidayat. (2018, March). Peek at the Go-Jek Versus Grab Fleet Strength Map. Retrieved from Tempo.com

Ambaranie Nadia Kemala Movanita. (2019). Survey: 32 Percent of Online Transportation Dependency Communities. Kompas.Com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2019/07/09/200849026/survei-32-percent-perience-dependence-transportation-online

Anindhita, W., Arisanty, M., R. (2016). Analysis of the Application of Appropriate Communication Technology in the Ojek Online Transportation Business (Study on the Gojek and Grab Bike Business in Using Appropriate Communication Technology to Develop the Transportation Business). INDOCOMPAC National Seminar.

Arizky Kautsar Ramadhanu. (2018). ANALISIS PERSEPSI KEMANFAATAN, KEMUDAHAN, KUALITAS DAN HARGA TRANSPORTASI ONLINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG AKSESIBILITAS WISATAWANDI KOTA MALANG. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 60(2), 64–73.

Bulkia, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.31602/atd.v2i1.1191

Choirul Marati, N. A. F. I. S. A. (2016). The effect of service quality and price on customer satisfaction of online motorcycle taxi services (Study of motorcycle taxi customers in Surabaya. Journal of Business Administration (JPTN), 3(3).

Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(1).

Laurent, F. (2016). Pengaruh E-service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Go-jek melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 4(2), 95–100.

Manjunath, S. J. and A. (2013). mpact of Services Quality on Customer Satisfaction at AXIS Bank,. Nternational Journalof Management and Social Sciences Research (IJMSSR), 2(3), 63–69.

Rifaldi, R., Kadunci, K., & S. (n.d.). The Influence of Gojek Online Transportation Service Quality on Customer Satisfaction in Students of the Jakarta State Polytechnic Commercial Administration.

Tjiptono, F. (2012). Marketing Services. Malang: Bayumedia.

Untung Sriwidodo & Rully Tri Indriastuti. (2012). PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH. JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 10(2).

Utara, U. S., & Utara, U. S. (2018). Pengaruh Kehadiran Angkutan Online ( GRAB ) Terhadap Sosial Ekonomi Supir Angkutan Umum ( PT . Rahayu Medan Ceria Trayek 120 ).

Waluyo, M. R. (2018). Analisis Model Hubungan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Transportasi Online. Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 13(2), 41–48. https://doi.org/10.33005/tekmapro.v13i2.41

YLKI. (2017). Konsekuensi Kemitraan Driver dan Penyedia Jasa Aplikasi Ojek Online terhadap Tingkat Layanan pada Konsumen. Jakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 28 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.