PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN KABUPATEN TAMBRAUW

Putu Anggreyani Widya Astuti

Abstract


Kemampuan suatu organisasi dalam menghadapi tantangan era millennium tergantung pada kemampuan mobilisasi sumber daya manusia. Karakteristik yang menentukan dari sistem organisasi terletak pada sifat dalam mencapai sasaran. Sumber daya manusia dan perangkat kerja pada umumnya di organisasi untuk mencapai tujuan  –tujuan organisasi yang dinyatakan jelas. Komunikasi yang baik tidak hanya berbicara ataupun surat-menyurat saja, meskipun organisasi perkantoran telah menggunakan alat-alat komunikasi  yang mutahir dan memiliki pimpinan pandai berbicara yang dapat menyampaikan dengan cepat seluruh instruksi-instruksi, petunjuk, saran dan sebagainya, akan tetapi hal ini belum menjamin bahwa komunikasi telah dilakukan dengan baik. Peran pimpinan secara keseluruhan sangat signifikan dalam upaya tersebut, dimana kualitas sumber daya manusia sebagai aparatur pemerintah harus dijadikan motivator dalam mengkoordinir dan mengorganisir pegawai sehingga mampu berkomunikasi secara baik dalam era globalisasi saat ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Badan Kepegawaian Tambrauw yang berjumlah 14 pegawai. Sampel yang penulis gunakan yaitu merupak sampel populasi yaitu sampel yang menggunakan seluruh populasi sampel, yaitu yang berjumlah 14 orang  pegawai. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah sebesar 0,74.  Yang artinya bahwa ada hubungan yang tinggi sekali antara pengaruh  komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Kabupaten Tambrauw.


Keywords


Komunikasi dan Kinerja Kerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Anung Ngurah Gusti. 1992. Metode Penelitian Sosial, Pengertian dan Pemakaian Praktis, Penerbit : PT. Gamedia Pustaka Utama Jakarta.

Leon C. Mangginson Dalam A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Penerbit : CV. Alfabeta. Bandung.

Malo Manase. 1986. Metode penelitian Bisnis. Cetakan Kedua.

Pace dan Faules. 2000. Pengantar Komunikasi Dan Informasi, penerbit : Aerlangga. Jakarta.

Peraturan Daerah. 2001. Pegawai Negeri Sipil . tugas Fungsi, kedudukan. Penerbit :

Karunika, Univesritas Terbuka Jakarta. Tata Laksana Kerja BAdan Diklat, Tidak

diterbitkan, 2003. UNDANG-Undang Kepegawaian Nomor 43 Tahun 1999. Penerbit : Gajah Mada. Yogyakarta. Sudyana Nana. 1999. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Makalah, Skripsi, Thesis, Cetakan Kelima. Penerbit Sinar Biru algensido. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33506/sl.v5i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sentralisasi is published by

logo

Lembaga penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat | Universitas Muhammadiyah Sorong
Jalan Pendidikan No. 27, Sorong, Papua Barat 98416, Indonesia 
E-mail:     jsentralisasi@gmail.com 
Phone: +62 951 322382
Fax: +62 951 322382
Mobile:   +62 (822) 48458994 (Text only) 
Websitehttp://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/sentralisasi

 

Indexed By:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.