PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PADA PT. NESTLE INDOFOOD CITARASA INDONESIA DI MAKASSAR

Nuraini Rasyid, Rais Dera Pua Rawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari harga, produk, distribusi dan promosi terhadap penjualan sambel Indofood pada PT. Nestle Citarasa Indonesia di Makassar.Sedangkan jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data, 1) Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari harga, produk, distribusi dan promosi terhadap penjualan sambel Indofood. 2) Analisis regresi berganda mengukur keterkaitan unsur-unsur bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan sambel Indofood, persamaan yaitu : Y = b0 + b1 X1 + b2 X2 + b3 X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi memperlihatkan hasil koefisien konstanta (variabel Penjualan) adalah sebesar 3,173 dengan Thitung sebesar 3,574 dan nilai signifikansi sebesar 0,037, variabel Harga (X1) adalah sebesar 0,401 dengan Thitung sebesar 5,547 dan nilai signifikan sebesar 0,012, variabel Biaya Promosi (X2) adalah sebesar 0,751 dengan Thitung sebesar 12,498 dan nilai signifikan sebesar 0,001 dan untuk variabel Biaya Distribusi sebesar -0,098 dengan Thitung sebesar -7,955 dan nilai signifikan sebesar 0,004. Nilai Ttabel untuk uji ini adalah sebesar 1,943 yang diperoleh dengan alpha 5% dan df sebesar 6 (n-1). Jika kita bandingkan nilai Thitung koefisien konstanta dengan Ttabel, terlihat bahwa nilai Thitung lebih besar dari pada Ttabel, dan nilai signifikan yang lebih kecil dari pada alpha 5%, maka kesimpulan yang bisa diambil adalah menolak Ho yang berarti signifikan secara statistik

Keywords


Bauran pemasaran, penjualan, Nestle Citarasa

Full Text:

PDF

References


Arif Tiro Muhammad, 2004, Analisis Korelasi dan Regresi, Cetakan Ketiga, Edisi Revisi, Universitas Negeri Makassar.

Anoraga Pandji, 2000. Manajemen Bisnis. Cetakan Kedua, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Buchari Alma, 2002, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kelima, Edisi Revisi, Alfabeta, Bandung

Gitosudarmo, Indriyo dan Agus Mulyana. 2000. Prinsip Dasar

Manajemen. Edisi ketiga, Cetakan Keempat, BPFE. Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Terjemahan oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, jilid 2. PT Incleks- Jakarta.

Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.

Terjemahan oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, jilid 1. PT Indeks. Jakarta.

Iklanullang, M.2000. Pengantar Bisnis. Cetakan Pertama, Gajah Mada. University Press. Yogyakarta.

Radio Sunu, 2001. Manajemen Pemasaran: Suatu pendekatan Analisis, Edisi Kedua Cetakan Kelima, BPFE. Yogyakarta.

Render, Barry dan Jay Heizer. 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi (Alih Bahasa : Krasnohadi Ariyoto). Salemba Empat. Jakarta:

Soprihanto, John dan Murti Sumarni. 2003. Pengantar Bisnis. Liberty. Yogyakarta.

Sudjana, 1996, Metode Statistika. Edisi Kedelapan, Tarsito. Bandung.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2003. Pengantar Bisnis (Dasar¬Dasar Ekonomi Perusahaan), Edisi Kelima, Cetakan Keempat, Liberty,Yogyakarta.

Sunarto, 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Amus . Yogyakarta.

Supranto, J dan Nandan Limakrisna. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33506/sl.v7i2.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sentralisasi is published by

logo

Lembaga penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat | Universitas Muhammadiyah Sorong
Jalan Pendidikan No. 27, Sorong, Papua Barat 98416, Indonesia 
E-mail:     jsentralisasi@gmail.com 
Phone: +62 951 322382
Fax: +62 951 322382
Mobile:   +62 (822) 48458994 (Text only) 
Websitehttp://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/sentralisasi

 

Indexed By:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.