Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan Ukm Di Kota Makassar

Authors

  • Abdul Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wira Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.33506/sl.v8i2.462

Keywords:

Strategi Orientasi Wirausaha, Orientasi Pasar, Kinerja UKM

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Strategi orientasi wirausaha dan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan metode pemilihan sampel 75 dari 755 populasi dari UKM dengan pemilik atau manajer sebagai responden, data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek dari Variable wirausaha berorientasi secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, tetapi orientasi pemasaran tidak signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan UKM di kota Makassar, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan F-test menunjukkan bahwa ada secara signifikan pengaruh antara Orientasi wirausaha  dan Orientasi Pasar berorientasi pada kinerja perusahaan karena nilai probabilitas signifikan ditemukan lebih kecil dari α 0,05, ini berarti bahwa UKM di Makassar mengadopsi Strategi Orientasi Wirausaha untuk melanjutkan operasi bisnis mereka. Selain itu, UKM juga mengadopsi Orientasi Pasar untuk meningkatkan kinerja dan  kompetitif pasar, terutama dalam menghadapi pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir 2016

.

References

Agustinus, Sriwahyuni (1995), Manajemen Strategi, Pengantar berpikir strategi, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta

Achmad Kuncoro, Engkos dan Ridwan, (2008).Análisis jalur Path Análisis),Edisi kedua, Bandung: Penerbit Alfabeta,

Ardiana, Subaedi, Yanti 2007, “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM†Jurnal Manajemen Petra Vol. Universitas Petra Surabaya

Alimudin, Arasy, 2014, Pengaruh Orientasi Wirausaha terhadap Keuanggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Sektor Perdagangan Di Kota Surabaya, Journal fe Unsoed Vol 1, No 1 (2014): Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Soedirman, Porwokerto .

As’ad, M. 1998. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia:Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

Bacherer, R.C., and J.G. Maurer, 1997, The Moderating Effect of Environmental Variables on The Entrepreneurial and Marketing Orientation of Entrepreneur- Led Firms, Entrepreneurship Theory and Practice, 22(1), pp.47-58.

Baird, Lloyd, (1986), Managing Performance, John Wileyd Son, Inc., New York.

Biro Pusat Statistik, 2015, Perusahaan Mikro dan Kecil, Biro Pusat Statistik,

Makassar.

Craven, D.W. 1996, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Terjemahan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Combs, J. G., Crook, T. R., & Shook, C. L. (2005). The dimensionality of organizational performance and its implications for strategic management research. In D. J. Ketchen & D. D. Bergh (Eds.), Research methodology in strategic management. (pp. 259-286).San Diego, CA: Elsevier.

Covin J.G. dan Slevin, D.P. 1989, A conceptual Model of Entreprenuership as firm behaviour: Theory and Practice, Fall, pp 7-25

Craven,Michael. 1996, Marketing Knowledge Management, 4rd Edition, London : Scienetics Economics Association

Day, R. A., Jr. and Underwood, A. L., 1988, Analisa Kimia Kuantitatif , Edisi ke 4, Alih Bahasa Soendoro, R., Erlangga, Jakarta, 337-347 dan 650-651.

Debbie Liao and Philip Sohmen, 2001, “The Development of Modern Entreprenuership in Chinaâ€, Stanford Journal of East AsiaAffair, Vol 1, 2001.

Eryanafita Ismawanti, 2008, Analisis Faktor- fasktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran dengan Faktor Lingkungan Sebagai Variabel Moderate, Semarang: Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Ferreira, Joao and Azevedo, Susana, 2007, Entrepreneurial Orientation as a Main Resource and Capability on Small Firm's Growth, MPRA Paper, No. 5682, Posted 09. November 2007.

Hill, Jimmy dan Jones, 1998, “A qualitative approach to developing small firm marketing planning competenciesâ€, Qualitative Market Research: An International Journal, Vol.2, No.3, p.117

Hisrich. R.D, Peters, MP. 2005, â€Entrepenue- rship†Chicago, Irwin D. Publisher

Kizner, I.M. 1973. Competition and Entrepreneurship. Chicago: University of Chicago Press.

Kotler dan Amstrong,(2004),Prinsip-prinsip Marketing,Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kotler Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, and Chin Tiong Tan, 2004, Marketing Management: An Asian Perspective, Third Edition, Alih Bahasa Zein Isa, New Jersey, Pearson Education. Inc.

Kumar, V., Cotran, R.S. and Robbins, S.L., 2001. Buku ajar patologi . 7 edisi , Vol. 1. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC : 189-1.

Lamb, Charles W, Joseph F. Hair, Carl McDanniel, 2001,â€Pemasaran†Buku Satu (Alih Bahasa David Octarevia), Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Lumpkin, G. T., dan Dess, G. G., 1996, “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performanceâ€, Academy of Management Review, Vol. 21 (1), p. 135-172.

Mc Cabe, W.L. Smith dan J.C. Smith 1976.Unit Operation of Chemical Engineering. McGraw Hill BookKogokhusa Ltd. Tokyo.

Mc Carthy, Jerome E & Wiliam D. Perreault, Jr.(1990). Basic Marketing, aManagerial Approach, 10th ed., Homewood, IL:

Irwin. Miles, Morgan, Joe Giglierano, Rob Vitale, 2003 “Entreprenurial Orientation, Market Orientation, and Performance In Established And Startup Firm, www.cob.sjsu.edu/facstaff/giglie_i/Rese arch/Sympap2003

Kotler dan Amstrong,2004 ,Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lee, D.Y., and Tsang, E.W.K.,2001, The Effect of Entrepreneurial Personality, Background and Network Activities on Venture Growth, Journal of Management Studies, 38-4, pp.583-602.

Miller, D., 1983. The Correlates of Entrepreneurship in Three Types of Firms, Management Science, vol. 29, no. 7, pp. 770-791.

Murphy, Gregory B., Jeff W. Trailer and Robert C. Hill Journal of Business Research, 1996, vol. 36, issue 1, pages 15-23

Narver, J.C. dan Slater, SF, 1994, The Effect of Market Orientation on Business Profitability, Jurnal of

Naman, J. L., & Slevin, D. P. (1994). Entrepreneurship and the concept of fit: A model and empirical tests. Strategic Management Journal, 14, 137-153.

Nawawi. 1997. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Pelhan, Alfred M., & Wilson David T., 1996.†A. Longitudinal Study of the market Structure, firm structure, strategy, and Market Orientation Culture

Sexton, D.L. Upton, N.B., Wacholtz, L.E. & McDouglass, P.P. l997, Learning needs ofgrowth-orientated entrepreneurs, Journal of Business Venturing, 12, 1-8.

Simamora, Henry, (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke-3, STIE YKPN, Yogyakarta

Slater, F. Stanley dan John C. Narver, 1990, “Market Orientation and the Learning Organizationâ€, Journal of Marketing, Vol.59.

Stanton, J William, 1984, Prinsip Pemasaran, Jakarta: Penerbit Erlangga

Sedarmayanti, 2001, Sumberdaya Manusia dan Produktivitas Kerja, Jakarta: Mandar Maju

Suci, Rahayu Puji, 2008, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Dinamika Lingkungan, Kemampuan Manajemen serta Strategi Bisnis Terhadap Kinerja : Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur, Disertasi. Tidak Dipublikasikan, PPS UB, Malang.

Susilo, Sri dan Krisnadewa, P Didit, 2007, Strategi Bertahan Industri Pasca Gempa Bumi di Yogjakarta, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 9 (Juni).

Venkatraman dan Ramanujam. 1986. Measurement of Business Performance in Strategy Research:A Comparison of Approaches,Academy of Management Review, Vol. 1 (4), 801-04)

Veithzal Rivai & Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Zikmund, William G., Michael D’Amico,. 1989, Marketing, United States: John Wiley & ons Inc,

Zhou, Kevin Zheng, Chi Kin Yim, and David K. Tse, 2005, The Effect of Strategic Orientations on Technologyand Ma rket Based Breakthrough Innovations, Journal of Marketing, Vol.69, April, pp.42-60

Downloads

Published

2019-06-19

How to Cite

Rahman, A. (2019). Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan Ukm Di Kota Makassar. SENTRALISASI, 8(2), 108–122. https://doi.org/10.33506/sl.v8i2.462