Evaluasi Tata Ruang Wilayah Distrik Mayamuk Dengan Menggunakan Aplikasi Arcgis

Authors

  • Rahman Winarto Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hendrik Pristianto Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v4i1.191

Keywords:

distrik mayamuk, evaluasi tata ruang, pola ruang, Arcgis

Abstract

Kegiatan evaluasi tata ruang wilayah Distrik Mayamuk pada prinsipnya untuk menilai keselarasan antara tujuan, strategi, dan kebijakan yang termuat dalam dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mengetahui perbandingan luas menurut RTRW dengan hasil analisis, 2). Mengetahui kesesuaian rencana tata ruang pada dokumen rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Sorong Distrik Mayamuk dengan yang terlaksana di Distrik Mayamuk, 3). Menghasilkan produk peta pola ruang tiap kelurahan dan peta tata ruang serta peta administrasi Distrik Mayamuk tahun 2017. Metode penelitian adalah pengambilan data citra foto udara dengan drone atau pesawat tanpa awak, data yang dikumpulkan adalah data primer dari citra foto udara dan data sekunder dari dokumen RTRW dan BPS Kab Sorong. Kesimpulan yang dihasilkan adalah 1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan luas Distrik Mayamuk adalah selisih 83,76 Ha. 2). Hasil analisis pola ruang Distrik Mayamuk kawasan lindung cagar alam sebesar 1,92 %, kawasan budi daya hutan produksi (HPK) sebesar 92,16%, permukiman sebesar 1,42%, pertanian lahan kering (PLK) sebesar 4,29%, kawasan industri dan pelabuhan terpadu sebesar 0,16% dan lahan kosong sebesar 0,02%, 3)Hasil peta pola ruang Kelurahan Makotyamsa, Makbalim, Yeflio, Makbusun, Arar, Klain, Klasmelek, Wen dan peta tata ruang serta peta administrasi Distrik Mayamuk.

References

Balai Diklat 12 PUPR, “Pengukuran dan Pemetaan Digital Dalam GIS ”, Ir. Made Bagus Budihardjo, MA (2016).

Diktat Aplikasi Gps dalam Bidang Pekerjaan Umum, “Sistem Informasi Geografis dan Analisis Geospasial”, Komang Sri Hartini (2016).

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

Winarto, R., Pristianto, H., & Ibrahim, I. (2018). Evaluasi Tata Ruang Wilayah Distrik Mayamuk Dengan Menggunakan Aplikasi Arcgis. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 4(1), 12–19. https://doi.org/10.33506/rb.v4i1.191

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)