Analisis Kualitas Air Sumur Bor Warga Kabupaten Sorong (Studi Kasus Distrik Aimas-Distrik Mariat)

Authors

  • Mierta Dwangga Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hendrik Pristianto Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Tirsa Kurniawati Fajrin M. Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v6i2.1140

Keywords:

Air Tanah, Analisis, Kualitas Air, Sumur Bor

Abstract

Air merupakan sumber kehidupan manusia, binatang dan tanaman. Dalam kehidupan manusia, air dipergunakan dalam semua bidang kehidupan. Dalam kegiatan rumah tangga, air dimanfaatkan untuk minum, mencuci, mandi, dan kakus. Air sangat berfungsi dan berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang digunakan tetap terjaga kelestariannya.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas air sumur bor warga Kabupaten Sorong dari Distrik Aimas – Distrik Mariyat berdasarkan parameter fisik, kimia dan mikrobiologi. Pengukuran parameter fisik terdiri dari turbidity (kekeruhan), salinitas, konduktivitas, TDS, ORP dan parameter fisika terdiri dari pH, DO dan Fe. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua puluh titik sumur bor warga yang tersebar di Kabupaten Sorong dari Distrik Aimas – Distrik Mariyat, data hasil pengukuran sampel yang dilakukan secara in-site (pengukuran langsung di lapangan). Sedangkan parameter mikrobiologi terdiri dari E.coli dan Total bakteri coliform sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sembilan titik sampel yang mewakili, data hasil pengukuran sampel dilakukan di laboratorium PT.TIRTA REMU.Dari hasil analisa dua puluh titik sampel yang melalui uji parameter fisik dan kimia hanya 20% titik sampel yang memenuhi baku mutu kelas I, 80% memenuhi baku mutu kelas II,III dan IV, sedangkan sembilan titik sampel yang di uji parameter fisik, kimia dan mikrobiologi hanya 11 % memenuhi baku mutu kelas I, dan 89% yang memenuhi baku mutu kelas II, III dan IV. Adapun gambaran kualitas air sumur bor warga Kabupaten Sorong diolah dengan menggunakan aplikasi software arcgis dengan parameter pH 75% memenuhi baku mutu, TDS 100% memenuhi baku mutu, Fe 90% memenuhi baku mutu dan parameter DO untuk kelas I 20% memenuhi baku mutu, kelas II 65% memenuhi baku mutu, kelas III 15% memenuhi baku mutu.

References

Afdaliah, N.(2018), Pemetaan Kualitas Air Sumur Bor Warga Kota Sorong. Universitas Muhammadiyah Sorong, Sorong.

Effendi .H.(2003), TELAAH KUALITAS AIR, Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta.

Https//id.scribd.com/document/370382428/SOP-pH-Meter

Https//id.scribd.com/document/370382428/SOP-Turbidity-Meter

Lud Waluyo, (2013), MIKROBIOLOGI LINGKUNGAN.UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Nia dan Yuliani, (2017). Kualitas Air Sumur Bor Di Perumahan Bekas Persawahan Gunung Putri Jawa Barat, Research Report.

Nurhasanah, (2017).Analisis Kualitas Air Sumur Bor di Pontianak Setelah Proses Penjernihan Dengan Metode Aerasi,Sedimentasi, dan Filtrasi, PRISMA FISIKA.

Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010

Suryan R.(2013). Tugas Akhir Analisis Kualitas Air Sumur Dangkal Di Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.

Trisnawulan dan I.Ketut Sundra ( 2007 ) Analisis Kualitas Air Sumur Gali di Kawasan Pariwisata Sanur., ECOTROPHIC: Jurnal Ilmu Lingkungan ( journal of Environmental Science)

Wulan Trimurti,(2016). Tugas Akhir Analisis Kualitas Air Sumur Masyarakat Kelurahan Lalolara Kecamtan Kambu. Universitas Halu Oleo.

Restuaty, A..(2016). Uji Kualitas Bakteri Escherichia coli Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Kecamatan Bandung Wetan (Doctoral dissertation,FKIP UNPAS)

PEDOMAN PENULISAN TA FAKULTAS TEKNIK UM SORONG

Pertiwi,A.M.(2017). Alat Pengukuran TOTAL DISSOLVED SOLID (TDS) larutan berbasis Mikrokontroller Atmega16.

(S.Y Doina Koh & H.C Chin, 2007)

Downloads

Published

2020-11-19

How to Cite

Dwangga, M., Pristianto, H., & Fajrin M., T. K. (2020). Analisis Kualitas Air Sumur Bor Warga Kabupaten Sorong (Studi Kasus Distrik Aimas-Distrik Mariat). Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 6(2), 35–43. https://doi.org/10.33506/rb.v6i2.1140

Most read articles by the same author(s)