EVALUASI MITIGASI STRUKTUR BENCANA GEMPA BUMI DI WILAYAH PULAU DOOM KOTA SORONG

Authors

  • Meikel Bawoleh Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wennie Mandela Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Achmad Rusdi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v2i2.482

Keywords:

Mitigasi, Rumah Tahan Gempa, Evaluasi Bangunan sederhana

Abstract

Pasca kejadian gempa yang menggoncang Kota Sorong tidak sedikit bangunan rumah tinggal di Pulau Doom mengalami kerusakan. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi kelayakan struktur terhadap bangunan rumah tinggal masyarakat untuk mengantisipasi kerusakan yang mungkin terjadi apabila terjadi gempa berikutnya. Upaya mitigasi bencana perlu dilakukan secara menyeluruh, efektif dan efisien dalam rangka mengurangi resiko akibat gempa. Evaluasi mitigasi bencana gempa struktur di Pulau Doom dimaksudkan untuk mengamati secara langsung apakah rumah-rumah warga telah memenuhi ketentuan-ketentuan untuk rumah tahan gempa. Survei yang dilakukan dengan menggunakan format formulir evaluasi bangunan sederhana (tipikal tembokan), diadopsi dari FEMA yang telah dimodifikasi oleh Imam Satyarno (Satyarno, 2012)  yang di dalamnya telah disesuaikan dengan kondisi bangunan di Indonesia, di mana sebagai acuan untuk mempertimbangkan kondisi bangunan yang ada di wilayah Pualu Doom. Hasil dari evaluasi mitigasi untuk bangunan rumah tinggal pada Pulau Doom dapat dikatakan bahwa hampir semua  belum memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam persyaratan teknis bangunan tahan gempa. Hal ini menunjukan kesadaran akan pentingnya membangun suatu struktur bangunan tahan gempa belum sungguh-sungguh dipahami oleh masyarakat di Pulau Doom. Sehingga ini biasa menyebabkan tingkat resiko kerusakan dan hilangnya korban jiwa pada saat terjadinya gempa menjadi lebih besar dan hal tersebut perlu penangan serius.

References

DetikNews - Gempa 6,8 SR Guncang Sorong, Papua Barat - (news.detik.com/berita/.../gempa-68-sr-guncang-sorong-papua-barat diakses tanggal 21 Mei 2017)

Republik Indonesia. 2008. ___, Peraturan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nomor 04 tahun 2008 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana.

Satyarno, Iman. 2012. Evaluasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Struktur. UGM. Yogyakarta.

Tanzil, 2014. Pulau Doom Papua Barat (http://www.pasirpantai.com/papua/pulau-doom-sorong papua/ tanggal 21 Mei 2017)

UU RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

Downloads

Published

2019-06-27

How to Cite

Bawoleh, M., Mandela, W., & Rusdi, A. (2019). EVALUASI MITIGASI STRUKTUR BENCANA GEMPA BUMI DI WILAYAH PULAU DOOM KOTA SORONG. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 2(2), 37–44. https://doi.org/10.33506/rb.v2i2.482