Efektifitas Kinerja Bangunan Pengaman Pantai di Desa Munte Kabupaten Luwu Utara

Authors

  • Muh Akhsan Samaila Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Siti Marohatus Hidayatun Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/rb.v4i1.187

Keywords:

pantai munte, deformasi gelombang, hard approach, reduksi energi gelombang

Abstract

Garis Pantai Munte yang berhadapan dengan Teluk Bone, lebih banyak menghadapi masalah abrasi pantai yang menyebabkan permukiman dan fasilitas umum seperti sekolah, masjid terancam oleh hempasan gelombang. Dalam menangani permasalahan tersebut dilakukan pendekatan hard approach dengan pembangunan struktur bangunan pantai. Kinerja bangunan pantai diukur dengan efektifitas fungsionalnya untuk mereduksi energi gelombang. Untuk mencapai kriteria efektif maka dilakukan identifikasi masalah serta konsep kajian dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Kondisi bangunan eksisting pada Pantai Munte berupa groin dan detached breakwater. Dari hasil analisis deformasi gelombang menggunakan pemodelan terhadap bangunan eksisting, tinggi gelombang yang sampai dibibir pantai rata – rata sebesar 0.86 m sedangkan kombinasi groin dan detached breakwater mereduksi tinggi gelombang yang sampai ke pantai hingga 0.26 m. Hasil tersebut menunjukkan efektifitas bangunan pengaman pantai sebesar 30.23%. Hasil perhitungan deformasi gelombang menggunakan pemodelan numerik menunjukkan hasil yang mendekati dengan perhitungan secara analitik sehingga pemodelan dapat digunakan untuk memperoleh salah satu parameter efektifitas yaitu reduksi tinggi gelombang.

References

CERC, 1984. Shore Protection Manual (SPM) V olume I. US Army Coastal Engineering Research Center. Washington DC.

CERC, 1984. Shore Protection Manual (SPM) V olume II. US Army Coastal Engineering Research Center. Washington DC.

CERC, 2002. Coastal Engineering Manual (CEM). U.S. Army Corps of Engineers (USACE) manuals. Washington DC.

Hurdle, D.P., Stive, R.J.H., 1989. Revision of SPM 1984 wave hindcast model to avoid inconsistencies in engineering applications. Coastal Eng., 12: 339-351.

Sorensen, Robert M., 1978. Basic Coastal Engineering. Canada.

Warnken, J., Mosadegh, R., 2018. Challenges of implementing integrated coastal zone management into local planning policies, a case study of Queensland, Australia.

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

Samaila, M. A., & Hidayatun, S. M. (2018). Efektifitas Kinerja Bangunan Pengaman Pantai di Desa Munte Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.33506/rb.v4i1.187

Issue

Section

Articles